About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • Wordpress
  • /
  • ThemeX, Plugin WordPress Buat Anda yang Dinamis

ThemeX, Plugin WordPress Buat Anda yang Dinamis

Bosan dengan theme yang itu-itu saja? atau mungkin… Anda suka dengan beberapa theme namun sulit memilih mana yang paling disukai untuk dipakai? Mengapa tidak dipakai saja theme kesukaan Anda semuanya? Lho… kok gitu? emang bisa tho? He… 3x bisa donk, karena saat ini sudah tersedia plugin ThemeX yang memfasilitasi para WordPress Maniac yang dinamis.

ThemeX merupakan plugin WordPress yang memungkinkan Anda menggunakan theme lebih dari satu secara otomatis. Bagaimana prinsip kerjanya? Plugin ini akan mengubah theme yang Anda tentukan sendiri secara otomatis, menurut periode waktu tertentu. Sebagai contoh misalkan Anda punya 3 theme yang disukai, katakanlah A, B, dan C. Selanjutnya Anda ingin theme A digunakan mulai tanggal 1 s/d 31 Januari 2009 (sebulan penuh), dan theme B digunakan pada bulan Pebruari. Untuk bulan Maret Anda ingin theme C yang digunakan. Nah… pergantian theme ini bisa diset secara otomatis menggunakan ThemeX ini. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi repot-repot mengganti theme secara manual.

Ngapain sih kok perlu diubah-ubah segala themenya? Ya… pergantian theme bertujuan supaya Anda dan pengunjung setia blog WordPress Anda tidak jenuh melihat theme yang itu-itu saja 🙂 Tapi kalo Anda ingin fixed theme, ya… no problem lah.

Selain satuan tanggal dalam pengaturan ThemeX, Anda juga bisa mensetting perubahan themenya berdasarkan waktu siang dan malam. Misal waktu siang theme yang digunakan A dan malamnya B. Hal ini berlaku seterusnya setiap hari. Kerena kan? 🙂

So… gimana cara instalasinya?

  1. Langkah pertama silakan download pluginnya terlebih dahulu di http://wordpress.org/extend/plugins/themex/
  2. Ekstrak file hasil download tersebut, lalu upload ke server hosting WordPress Anda, tepatnya di direktori /wp-content/plugins/
  3. Upload beberapa theme yang Anda sukai ke direktori /wp-content/themes/
  4. Aktifkan plugin ThemeX
  5. Lakukan pengaturan pada option ThemeX melalui menu TOOLS > THEMEX
  6. Silakan pilih setting pergantian theme harian atau berdasarkan tanggal. Khusus untuk harian, Anda hanya bisa menggunakan 2 theme saja untuk rolling (pergantian). Sedangkan untuk berdasarkan tanggal, Anda bisa memilih maksimum 12 theme. Untuk mensetting pergantian theme berdasarkan harian, silakan menuju ke bagian Simple Rotation, dan untuk berdasarkan tanggal perhatikan bagian Date Based Rotation.

OK… jadi deh…

Bagi yang tertarik, silakan mencobanya. Oya untuk bisa menggunakan plugin ini, sebaiknya WordPress Anda minimal sudah menggunakan versi 2.6. Syukur-syukur lebih tinggi lagi.

Met mencoba…

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply