About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

Install Plugin Random Post di WordPress

Apakah Anda ingin meletakkan list berisi title postingan Anda di WordPress? Jika ya, maka ini ada salah satu plugin yang bisa Anda coba. Nama plugin ini adalah Random Term Posts. Agak sulit juga nyari plugin untuk mencari plugin untuk menampilkan random post ini di databasenya WordPress. Plugin ini secara tidak sengaja saya temukan di http://www.screenflicker.com.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara melakukan instalasi plugin Random Term Posts ini. Memang cara instalasinya agak ruwet, tapi cuman dikiiiit kok… 🙂

Langkah pertama, silakan Anda unduh dulu source pluginnya di sini.

Langkah kedua, lakukan ekstrak pada file kompresi yang telah Anda unduh sebelumnya

Langkah ketiga, upload direktori random-termpost ke direktori /plugins WordPress Anda

Langkah keempat, aktifkan pluginnya lewat panel plugin administrator

Langkah kelima, nah… inilah langkah yang agak sedikit ruwet. Langkah ini adalah menentukan letak bagian di tampilan WordPress untuk menampilkan list random post ini. Misalkan Anda ingin meletakkan di sidebar, maka bukalah file sidebar.php atau bila sidebar nya ada dua (left dan right), tentukan dulu sidebarnya, misalnya yang left, maka buka file lsidebar.php atau rsidebar.php untuk right sidebar. Selanjutnya letakkan perintah berikut ini di source code sidebar yang Anda tentukan sebelumnya

<?php echo ms_random(‘ul’, ‘h2’, true, 8, ”); ?>

Parameter pertama digunakan untuk menampilkan item random post ke dalam bentuk unorderlist. Pilihan value lain untuk parameter ini adalah p, dan br.

Parameter kedua digunakan untuk menampilkan judul kategori dalam tag <h2></h2>. Anda bisa memilih tag html yang lain.

Parameter ketiga digunakan untuk menampilkan post excerpt

Parameter keempat digunakan untuk mengatur jumlah random post yang akan ditampilkan

Parameter keempat untuk menentukan nama kategori post yang akan dirandom postingannya. Apabila diberikan nilai NULL (”), maka kategori ini akan dirandom secara otomatis. Namun Anda dapat pula merandom post hanya untuk kategori tertentu saja. Misalnya hanya untuk kategori ‘Programming’, maka perintahnya:

<?php echo ms_random(‘ul’, ‘h2’, true, 8, ‘Programming’); ?>

Nah… selesai instalasinya… OK mudah-mudahan tips ini berguna.

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply