About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • SQL
  • /
  • Perintah SQL untuk Menampilkan Record Random
SQL

Perintah SQL untuk Menampilkan Record Random

Pernahkah Anda melihat dalam aplikasi, baik desktop maupun web yang menampilkan secara random sebuah pesan? Sebagai contoh misalkan menampilkan pesan, nasihat atau tips dalam halaman web. Setiap kali halaman yang menampilkan pesan tersebut direfresh, maka pesan yang muncul tersebut akan berubah-ubah secara random.

Hal seperti di atas dapat dibuat hanya dengan menggunakan statement SQL, tanpa Anda sulit-sulit membuat script atau programnya. Mau tahu caranya? Simak artikel berikut ini.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam SQL terdapat function RAND(). Function ini dapat menghasilkan bilangan random. Secara default, function ini akan menghasilkan bilangan riil mulai dari 0 – 1. Contoh pemakaian:

SELECT RAND();

Statement di atas akan menghasilkan output bilangan riil yang berbeda-beda.

Function RAND() pada contoh di atas ditempatkan pada bagian SELECT. Namun Anda dapat pula meletakkannya dalam bagian ORDER BY. Contoh pemakaian:

SELECT * FROM tabel ORDER BY RAND();

Nah… kalau statement di atas akan menampilkan sebuah record yang akan dipilih secara random di antara semua record dalam tabel.

Selanjutnya mungkin Anda bertanya, bagaimana jika ingin memilih N record secara random dari semua yang ada dalam tabel? Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menambahkan perintah LIMIT N. Contoh pemakaian:

SELECT * FROM tabel ORDER BY RAND() LIMIT 5;

Statement di atas akan menampilkan 5 record secara random.

Anda dapat pula menggunakan WHERE, seperti pada statement berikut ini

SELECT * FROM tabel WHERE syarat ORDER BY RAND() LIMIT 3;

Ajaibnya… misalkan Anda memilih N record random dengan statement SQL di atas, maka dari N record tersebut tidak ada satupun yang sama alias semuanya beda.

Cukup mudah bukan? 🙂

 


Beli Buku Pemrograman

5 Langkah Mudah Menguasai React Native
Rahasia Inti Master PHP & MySQLi (Improved)
Jalan Pintas Menjadi Master React JS
Trik Kolaborasi React dengan PHP & MySQL

Article by Request

Anda belum memahami konsep pemrograman PHP Native, Python, Java, atau SQL? atau Anda belum punya ide penyelesaian dari studi kasus yang dihadapi sampai saat ini.

Silakan manfaatkan layanan Article by Request di blog ini.

Bagikan artikel ini jika bermanfaat !

Assalaamu'alaikum.. aktivitas keseharian saya mengajar di Universitas Sebelas Maret, dengan matakuliah pemrograman dan basis data. Adapun bidang penelitian saya tentang computational thinking dan computer-aided learning.

Leave a Reply