About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • PHP
  • /
  • Cara Membaca N Karakter Dari Kanan Sebuah String di PHP
PHP

Cara Membaca N Karakter Dari Kanan Sebuah String di PHP

Beberapa waktu yang lalu, ada salah satu pengunjung dari blog tutorial pemrograman ini yang menanyakan cara membaca N karakter pada sebuah string dari kanan. Sebagai contoh adalah misalkan diberikan sebuah string ‘PEMROGRAMAN’, maka jika ingin diambil 5 karakter dari kanan adalah ‘RAMAN’.

Apabila Anda familiar dengan aplikasi spreadsheet seperti Excel, maka tentu Anda cukup menggunakan function RIGHT(string, n) di mana parameter string adalah string yang akan diambil karakter dari kanan, dan n adalah jumlah karakter yang diambil. Namun bagaimana dengan di PHP? apakah ada function tersebut? Mmmm… kalau saya membaca manual PHP yang dirilis oleh php.net sepertinya kok tidak ada ya, atau saya yang belum menemukannya. CMIIW 🙂

So… bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut di dalam PHP? ya.. mau tidak mau kita harus membuat functionnya sendiri. Sebelum kita mulai membuat functionnya, pertama kali kita harus mencari idenya terlebih dahulu. Berikut ini adalah ide yang saya gunakan untuk mengambil N karakter dari kanan sebuah string.

Misalkan diberikan sebuah string ‘PEMROGRAMAN’ dan kita ingin membaca 5 karakter dari kanan, maka langkah pertama kita balik terlebih dahulu string tersebut menjadi ‘NAMARGORMEP’. Selanjutnya kita baca 5 karakter dari kiri (karakter pertama) sehingga mendapakan ‘NAMAR’. Terakhir, kita balik kembali hasil tersebut menjadi ‘RAMAN’.

OK, di atas adalah idenya, kemudian bagaimana implementasinya di PHP? di dalam PHP, ada sebuah function untuk membalik sebuah string dengan menggunakan strrev(). Kemudian untuk membaca N karakter dari arah kiri atau mulai dari karakter pertama di PHP, kita bisa menggunakan substr($string, 0, N) di mana $string adalah string yang akan dibaca N karakter dari kiri, dan 0 menunjukkan pembacaan karakternya mulai dari karakter pertama.

Nah, ide sudah didapat, dan teknis implementasinya di PHP sudah OK. Sekarang kita bisa buat functionnya. Misalkan nama functionnya nanti akan kita beri nama right(), dan parameternya adalah $string yaitu string yang akan dibaca dari kanan, dan N adalah jumlah karakter yang akan dibaca.

function right($string, $n)
{
// membalik string
$balik = strrev($string);
// membaca n karakter dari awal karakter setelah dibalik
// kemudian membalik kembali n karakternya
$hasil = strrev(substr($balik, 0, $n));
return $hasil;
}

Adapun berikut ini contoh penggunaannya untuk membaca 5 karakter dari string ‘PEMROGRAMAN’ dari arah kanan:

<?php

function right($string, $n)
{
      $balik = strrev($string);
      $hasil = strrev(substr($balik, 0, $n));
      return $hasil;
}

echo right("PEMROGRAMAN", 5);

?>

Bagaimana mudah bukan membuatnya? Silakan bagi Anda yang mempunyai ide lain yang lebih simple untuk proses di atas dishare dimari ya. 🙂


Beli Buku Pemrograman

5 Langkah Mudah Menguasai React Native
Rahasia Inti Master PHP & MySQLi (Improved)
Jalan Pintas Menjadi Master React JS
Trik Kolaborasi React dengan PHP & MySQL

Article by Request

Anda belum memahami konsep pemrograman PHP Native, Python, Java, atau SQL? atau Anda belum punya ide penyelesaian dari studi kasus yang dihadapi sampai saat ini.

Silakan manfaatkan layanan Article by Request di blog ini.

Bagikan artikel ini jika bermanfaat !

Assalaamu'alaikum.. aktivitas keseharian saya mengajar di Universitas Sebelas Maret, dengan matakuliah pemrograman dan basis data. Adapun bidang penelitian saya tentang computational thinking dan computer-aided learning.

Leave a Reply