About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • SQL
  • /
  • Update Data Suatu Tabel Bersumber Dari Tabel Lain Secara Simultan Dengan Query SQL
SQL

Update Data Suatu Tabel Bersumber Dari Tabel Lain Secara Simultan Dengan Query SQL

Misalkan Anda memiliki sebuah tabel A dalam suatu database. Akan tetapi ada suatu field dari tabel A tersebut yang belum lengkap datanya. Akan tetapi, ada sebuah tabel lain, misalkan B dalam database yang sama, ternyata memiliki data yang lebih lengkap. Nah… dari kondisi ini, bagaimana caranya melengkapi data dari tabel A tersebut bersumber dari tabel B?

Dulu, untuk kasus seperti di atas, saya biasa menggunakan script untuk proses update datanya. Selanjutnya script tersebut saya jalankan, dan proses update data selesai. Namun, hal ini terasa repot karena kita harus membuat scriptnya terlebih dahulu. Kini, saya tidak perlu repot lagi untuk melakukan hal tersebut karena ternyata proses update data tabel yang datanya bersumber dari tabel lain ini bisa langsung dilakukan via query SQL. Mudah-mudahan tips yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi para pengunjung setia blog tutorial gratis ini jika menjumpai kasus yang sama.

Untuk memudahkan penjelasan, saya contohkan dua buah tabel sbb:

Tabel ‘mhs’

Tabel 'mhs'

Tabel ‘dummy’

Tabel 'dummy'

Dalam tabel ‘mhs’ di atas, ada sebuah field ‘tgllhr’ yang masih kosong. Tugas kita adalah mengisi data pada field ‘tgllhr’ ini, dimana datanya mengambil dari tabel ‘dummy’.

Sebelum kita buat query SQL untuk proses update data tabelnya, terlebih dahulu coba kita perhatikan kedua tabel tersebut. Di dalam kedua tabel tersebut terdapat sebuah field nim. Field inilah yang nantinya menjadi acuan dalam proses update data. Pastikan field yang ada dalam tabel acuan, dalam hal ini field ‘nim’ dalam tabel ‘dummy’, bersifat unik. Apabila field dalam tabel acuan ini tidak unik, maka nanti bisa terjadi ketidakkonsistenan data dan ini bisa bahaya.

Nah.. sekarang bagaimana bentuk query SQL nya? ini dia

UPDATE mhs, dummy SET mhs.tgllhr = dummy.tgllhr WHERE mhs.nim = dummy.nim;

Mengapa di dalam nama tabel setelah UPDATE … perlu dituliskan ‘mhs, dummy’? ya.. karena kita bekerja di 2 buah tabel. Selanjutnya maksud dari ‘SET mhs.tgllhr = dummy.tgllhr‘ adalah data pada field ‘tgllhr’ dari tabel ‘mhs’ akan diisi dengan data yang diambil dari field ‘tgllhr’ dari tabel ‘dummy’. Sedangkan guna dari ‘WHERE mhs.nim = dummy.nim‘ adalah menunjukkan acuan bahwa data yang diupdate adalah berdasarkan nim yang sama dari kedua tabel.

Mudah dan cepat bukan?? Semoga tips dari saya ini berguna bagi Anda.

 

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply