About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • PHP
  • /
  • Teknik Memvalidasi Input Tanggal dengan PHP
PHP

Teknik Memvalidasi Input Tanggal dengan PHP

Salah seorang member saya, mas Teuku Maulana, menanyakan:

Pak… bisakah kita melakukan validasi input tanggal yang diisikan via form sebelum tanggal tersebut diproses atau disimpan ke dalam database? Sebagai contoh misalkan ada user yang mengisikan tanggalnya adalah: 30/02/2009, tentunya itu bukanlah tanggal yang valid. Sebelum tanggal tersebut diproses, bisakah sistem memberitahukan bahwa tanggal tersebut tidak valid? Mohon penjelasannya, kalau bisa dalam script PHP.

OK… saya jawab. Tentu bisa saja kita memvalidasi tanggal yang diinputkan. Dalam PHP, kita bisa menggunakan function checkdate().

Berikut ini saya jelaskan penggunaannya melalui contoh yang saya berikan.

Sebelumnya, perlu kita bahas terlebih dahulu cara penggunaan function checkdate() ini. Function ini akan menghasilkan nilai TRUE jika tanggal yang kita ingin cek adalah valid, serta FALSE jika tidak valid.

Function ini dalam penggunaannya memerlukan 3 buah parameter

checkdate(m, d, y);

dengan m adalah bulan, d adalah tanggal dan y adalah tahun. Ketiga parameter tersebut bisa dalam bentuk string maupun integer.

Misalkan kita ingin mengecek apakah tanggal 12/02/2008 itu valid atau tidak, maka kita gunakan perintah

<?php
$tgl = 12;
$bln = 2;
$thn = 2008;
if (checkdate($bln, $tgl, $thn)) echo "Tanggal Valid";
else echo "Tanggal Tidak Valid";
?>

Contoh di atas sebagai gambaran bila kita menggunakan tanggalnya sudah terpisah dan dinyatakan dalam bilangan integer. Lantas bagaimana bila tanggal yang kita peroleh dalam format string? misalnya “12/02/2008”?

Ya gak ada masalah.. Konsepnya adalah kita pecah terlebih dahulu dengan menggunakan explode(), lalu hasil pecahannya yang terdiri dari tanggal, bulan dan tahun ini barulah diletakkan pada parameter yang bersesuaian.

Ini dia contohnya

<?php
$tgl = "12/02/2008";
$pecah = explode("/", $tgl);
if (checkdate($pecah[1], $pecah[0], $pecah[2])) echo "Tanggal Valid";
else echo "Tanggal Tidak Valid";
?>

Demikian mas Maulana jawaban saya atas pertanyaan dan request Anda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda dan juga para pengunjung setia blog ini semuanya.

 

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply