About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • SQL
  • /
  • Penggunaan Function REPLACE() di SQL
SQL

Penggunaan Function REPLACE() di SQL

Dalam artikel ini, akan saya paparkan mengenai penggunaan function REPLACE() di SQL. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi Anda sekalian. Apa yang saya tulis dalam artikel ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya jumpai ketika akan membuat aplikasi, dan secara tidak sengaja menemukan function REPLACE() ini dalam manual. Nah… karena saya telah menemukan sesuatu ilmu yang baru, sekarang saatnya saya untuk membagi ilmu tersebut buat Anda 🙂

Untuk menyingkat penjelasan, sebaiknya kita langsung impelementasikan penggunaan REPLACE ini ke dalam studi kasus saja. Studi kasus yang akan diambil di sini terkait dengan data yang disajikan sebagai berikut:

Kode Karyawan       Nama Karyawan
K001                ROSIHAN ARI YUANA, S.PD
K002                DWI AMALIA FITRIANI, S.PD
K003                FAZA FAUZAN, S.PD
K004                NADA HASANAH, S.PD

dengan asumsi bahwa data di atas sudah disimpan di database.

Apabila Anda perhatikan data di atas, maka nama karyawan semuanya ditulis dalam huruf kapital (termasuk titlenya). Padahal dalam aturan penulisan title untuk S.PD yang benar adalah S.Pd. Nah yang jadi masalah adalah, kita tidak mungkin mengedit data satu-persatu. Apabila cuma hanya sejumlah kecil data maka tentu saja gak masalah. Tetapi bagaimana kalau datanya ratusan bahkan ribuan? Tentu membutuhkan waktu proses pengeditan yang lama.

Lantas bagaimana caranya untuk mengubah data tersebut dengan cepat? Untunglah dalam SQL terdapat function REPLACE() yang digunakan untuk menggantikan suatu substring dalam string tertentu.

Bagaimana dengan sintaksnya? Sintaks dari REPLACE() adalah sebagai berikut:

REPLACE(string, substring yang akan diganti, substring penggati)

Function ini dapat diletakkan dalam statement SELECT maupun UPDATE. Adapun contoh penggunaan REPLACE() pada SELECT adalah

SELECT REPLACE('www.rosihanari.net', 'www', 'http://www');

Maksud statement di atas adalah mengganti substring ‘www’ dengan ‘http://www’ pada string www.rosihanari.net. Sehingga output dari query tersebut adalah ‘http://www.rosihanari.net’. Karena function REPLACE() ini diletakkan dalam SELECT maka tidak akan mengubah record apapun dalam tabel database.

Sekarang akan kita implementasikan function ini ke tujuan semula yaitu mengganti semua title S.PD dengan S.Pd untuk semua data karyawan. Karena tujuannya untuk mengubah data, maka kita gunakan perintah UPDATE.

UPDATE tabelKaryawan 
SET namaKaryawan = REPLACE(namaKaryawan, 'S.PD', 'S.Pd');

Maksud dari statement SQL di atas adalah mengubah data karyawan pada tabel ‘tabelKaryawan’, terutama pada field ‘namaKaryawan’ yaitu nama karyawan yang baru adalah nama karyawan lama dengan title S.PD diganti S.Pd.

Anda juga bisa melakukan update data menggunakan REPLACE() hanya pada data tertentu yang dalam hal ini dibatasi dengan klausa WHERE, misalnya:

UPDATE tabelKaryawan 
SET namaKaryawan = REPLACE(namaKaryawan, 'S.PD', 'S.Pd')
WHERE kodeKaryawan < 'K003';

Maksud dari statement di atas adalah mengubah title karyawan hanya untuk karyawan yang berkode K001 dan K002.

Mudah bukan???

 

Bagikan artikel ini jika bermanfaat !

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply