About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • SQL
  • /
  • Cara Membuat Foreign Key, Relasi Tabel dan Referential Integrity di phpMyAdmin
SQL

Cara Membuat Foreign Key, Relasi Tabel dan Referential Integrity di phpMyAdmin

Menyambung artikel sebelumnya tentang perintah SQL untuk membuat foreign key, relasi tabel dan referential integrity di MySQL, pada artikel kali ini saya akan mencoba memaparkan bagaimana cara membuat ketiga hal tersebut langsung di phpMyAdmin tanpa menggunakan perintah SQL.

Sebagai contoh misalkan kita akan membuat database ‘perpustakaan’ yang di dalamnya terdapat 2 buah tabel yaitu ‘buku’ dan ‘kategori’.

Di dalam tabel ‘buku’ terdapat field: ‘id’ untuk menunjukkan nomor identitas buku, ‘title’ yang menunjukkan judul buku, ‘author’ sebagai pengarang, dan ‘idcategory’ yang menunjukkan nomor id kategori dari buku. ID Category buku ini nanti akan direlasikan dengan ID kategori yang terdapat dalam tabel ‘kategori’.

Adapun field yang ada dalam tabel ‘kategori’ adalah: ‘idcategory’ dan ‘namacategory’.

Dalam perancangan database, field ‘idcategory’ yang terdapat dalam tabel ‘buku’ dinamakan foreign key atau kunci tamu. Selain itu pada kedua tabel di atas juga terdapat relasi yaitu antara field ‘idcategory’ yang ada pada kedua tabel tersebut.

Nah… sekarang kita akan membuat foreign key, relasi tabel dan referential integrity untuk kedua tabel di atas langsung menggunakan phpMyAdmin.

Pertama, kita buat database ‘perpustakaan’ terlebih dahulu

mysql phpmyadmin

Kedua, setelah database sudah dibuat, selanjutnya kita bisa membuat tabelnya. Kita akan membuat tabel ‘kategori’ terlebih dahulu

mysql phpmyadmin

Berikutnya kita membuat field pada tabel ‘kategori’ Pada contoh ini, dimisalkan untuk field ‘idcategory’ kita buat sebagai auto increment.

mysql phpmyadmin

Satu hal yang terpenting, pastikan bahwa tabel yang Anda buat ini harus bertipe ‘INNODB’. Karena hanya dengan tipe INNODB lah, kita bisa membuat foreign key, relasi dan referential integrity. Untuk membuat tabel bertipe INNODB, silakan pilih pada bagian ‘Storage Engines’ yang terdapat di bagian bawah panel membuat tabel.

mysql phpmyadmin

Setelah diset field dan storage engine nya sebagai INNODB, barulah Anda bisa simpan tabel ‘kategori’ nya.

Tabel ‘kategori’ sudah sukses kita buat, selanjutnya kita bisa membuat tabel ‘buku’ nya. Adapun caranya hampir sama dengan sebelumnya.

mysql phpmyadmin

Field-field tabel kita buat juga seperti tabel sebelumnya. Di sini diasumsikan bahwa field ‘idbuku’ kita gunakan auto increment).

Karena field ‘idcategory’ dalam tabel ‘buku’ akan kita jadikan foreign key, maka kita harus buat field tersebut sebagai INDEX. Perhatikan tanda lingkaran merah pada gambar berikut ini

mysql phpmyadmin

Oya… jangan lupa jadikan tabel ‘buku’ sebagai INNODB dengan memilihnya pada bagian ‘Storage Engine’.

Langkah berikutnya adalah, kita mengeset relasi antara kedua tabel yang dihubungkan dengan field ‘idcategory’. Adapun caranya adalah, klik pada tabel ‘buku’ seperti gambar di bawah ini

mysql phpmyadmin

Lalu, klik pada bagian ‘Relation View’ seperti tampak pada gambar berikut ini

mysql phpmyadmin

Karena field ‘idcategory’ dalam tabel ‘buku’ ini akan direlasikan terhadap field ‘idcategory’ pada tabel ‘kategori’ (sebagai tabel master) maka selanjutnya kita set relasinya seperti gambar di bawah ini.

mysql phpmyadmin

OK deh… selesai sudah cara membuat foreign key, relasi tabel dan referential integrity MySQL dengan phpMyAdmin. Dengan demikian, Anda tidak perlu susah-susah menghapalkan perintah SQL untuk membuat ketiga hal tersebut.

Silakan dicoba sendiri ya. Mudah-mudahan bermanfaat.


Beli Buku Pemrograman

5 Langkah Mudah Menguasai React Native
Rahasia Inti Master PHP & MySQLi (Improved)
Jalan Pintas Menjadi Master React JS
Trik Kolaborasi React dengan PHP & MySQL

Article by Request

Anda belum memahami konsep pemrograman PHP Native, Python, Java, atau SQL? atau Anda belum punya ide penyelesaian dari studi kasus yang dihadapi sampai saat ini.

Silakan manfaatkan layanan Article by Request di blog ini.

Bagikan artikel ini jika bermanfaat !

Assalaamu'alaikum.. aktivitas keseharian saya mengajar di Universitas Sebelas Maret, dengan matakuliah pemrograman dan basis data. Adapun bidang penelitian saya tentang computational thinking dan computer-aided learning.

Leave a Reply