About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

Cara Membalik Urutan Postingan di WordPress

Iseng-iseng sambil menunggu semangkuk mie rebus untuk mengganjal perut di siang hari, mendingan nulis-nulis sesuatu ah di blog. Dalam postingan kali ini saya coba untuk memberikan informasi trik bagaimana cara membalik urutan posting di WordPress.

Secara default postingan yang ditampilkan dalam halaman index berdasarkan urutan waktu. Postingan yang terbaru akan ditampilkan paling atas (pada halaman paling depan) sedangkan postingan terlama akan ditampilkan pada halaman paling belakang.

Trus… kira-kira bisa tidak diubah urutannya? Postingan terlama (pertama) akan ditampilkan di halaman paling depan pada urutan pertama, sedangkan postingan terbaru akan ditampilkan pada halaman paling belakang. Tentu bisa donk… WordPress… 🙂

Mengapa sih kok pake dibalik urutan postingannya segala? Membalik urutan posting ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat blog WordPress yang khusus untuk diisi dengan tutorial berseri. Dengan postingan yang dibalik seperti itu, maka akan memudahkan navigasi para pengunjung blog dalam mengeksplorasi konten blog karena tutorial berseri akan tersusun secara urut.

OK… langsung saja bagaimana cara membalik urutan postingan di WordPress.

Untuk membalik urutan postingan di WordPress, langkahnya:

  1. Buka file index.php yang ada dalam direktori theme yang Anda gunakan
  2. Cari baris berikut ini pada index.php tersebut

    <?php if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?>

  3. Selanjutnya sisipkan perintah berikut ini di antara <?php dan if (have_posts())

    $posts=query_posts($query_string . '&order=asc');

    Dengan demikian bentuk perintahnya menjadi seperti di bawah ini

    <?php $posts=query_posts($query_string . '&order=asc');
    if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?>

  4. Simpan kembali file index.php dan lihat hasilnya. Hasilnya akan tampak ada perubahan urutan seperti yang kita harapkan.

Yah… demikian cara membalik urutan postingan di WordPress.

Eh.. tunggu dulu, ada lagi tips yang lain. Bagaimana jika kita ingin mengurutkan postingan berdasarkan urutan alfabet pada title postingannya?

Untuk melakukan ini, caranya hampir sama dengan langkah di atas, bedanya hanya menyisipkan perintah berikut ini di antara <?php dan if(have_posts()) nya

$posts=query_posts($query_string . '&orderby=title&order=asc');

Nah… met mencoba-coba ya. Tapi saran saya, sebelum Anda mencoba trik di atas mending Anda buat backup index.php nya terlebih dahulu supaya kalo ada apa-apa, Anda masih bisa mengembalikan ke bentuk semula.

Bagikan artikel ini jika bermanfaat !

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply