About Me

Hai, saya Rosihan Ari Yuana. Saya sehari-hari adalah mengajar di Universitas Sebelas Maret.

Bidang riset saya tentang adaptive learning, computer aided learning, dan datascience

Selain itu, saya juga seorang penulis buku dan blogger.

More about me...

  • Home
  • /
  • PHP
  • /
  • Script PHP Untuk Update Status TWITTER
PHP

Script PHP Untuk Update Status TWITTER

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas cara membaca status Twitter dengan script PHP. Selanjutnya, bisakah dengan script PHP, kita mengupdate status Twitter? Tentu bisa donk, kita bisa membuat interface sendiri untuk mengupdate status Twitter dengan PHP. Bagaimana caranya? Bagi seorang pemula PHP seperti saya, tentu kesulitan dalam pembuatan scriptnya. Tapi alhamdulillah… sudah tersedia sebuah Class PHP yang memungkinkan web server yang kita miliki bisa berkomunikasi dengan servernya Twitter. Salah satu class yang sudah siap kita gunakan adalah Twitter OAuth Class.

Bagaimana cara menggunakan Twitter OAuth Class untuk mengupdate status Twitter kita dengan script PHP? Simak artikel ini selanjutnya.

Twitter OAuth Class adalah sebuah class untuk berkomunikasi dengan API (Application Protocol Interface) nya Twitter menggunakan OAuth. Class ini bisa Anda unduh di http://classes.verkoyen.eu/twitter_oauth. Saya ucapkan terimakasih atas Tijs Verkoyen (seorang Belgia) yang telah bersusah payah membuat class ini.

Setelah mengunduh file class dan mengekstraknya, Anda akan mendapatkan sebuah file script bernama twitter.php. File itulah yang nanti kita includekan dalam setiap script PHP setiap ingin berkomunikasi dengan API nya Twitter.

Sebelum kita mulai membuat script untuk update status Twitter, kita diharuskan terlebih dahulu melakukan registrasi API. Untuk melakukan registrasi API, silakan login terlebih dahulu di https://dev.twitter.com/apps/new. Selanjutnya isikan Name untuk nama aplikasinya. Silakan isi nama aplikasinya dengan nama sembarang, asal jangan memuat kata ‘Twitter’ karena akan ditolak. Anda cukup mengisikan Name, Description, dan Website (isikan website Anda). Sedangkan bagian Callback URL boleh dikosongkan.

Script Update Twitter

Setelah mengisi data di atas, selanjutnya Anda akan mendapat 2 kode yaitu Consumer Key dan Consumer Secret yang tampak seperti gambar di bawah ini.

Script Update Twitter

Simpan baik-baik kedua kode tersebut karena nantinya akan digunakan dalam class Twitter OAuth nya. Langkah berikutnya, Anda harus mengubah Access Type dari API Application dari Read Only (Default) ke Read and Write supaya bisa melakukan update status. Bagaimana cara mengubah Access Type dari application Twitter? Caranya adalah mengklik menu Setting dari Twitter Anda

Script Update Twitter

kemudian pilih tipe akses Read and Write

Script Update Twitter

Selain kedua kode tersebut, Anda juga harus mendapatkan 2 kode lagi yaitu Access Token dan Access Token Secret. Anda dapat mendapatkan kedua kode tersebut dengan mengklik tombol Create My Access Token (lihat gambar di bawah ini)

Script Update Twitter

dan… selanjutnya akan muncul kode Access Token dan Access Token Secret aplikasi Anda.

Script Update Twitter

OK, setelah Anda mendapatkan 4 kode yaitu: Consumer Key, Consumer Secret, Access Token dan Access Token Secret, selanjutnya kita bisa buat script PHP untuk update status Twitternya dengan Twitter OAuth Class yang sudah kita download di awal.

Berikut ini script PHP untuk update status Twitter nya:

updateStatus.php

<?php
include 'twitter.php';

$twitter = new Twitter('<consumer-key>', '<consumer-secret>');

$twitter->setOAuthToken('<access-token>');
$twitter->setOAuthTokenSecret('<access-token-secret>');

$status = 'Coba ubah status Twitter dari PHP';
$twitter->statusesUpdate($status);

?>

Keterangan:
Silakan masukkan ke empat kode akses Twitter yang sudah kita dapatkan sebelumnya pada lokasi/bagian yang sudah ditentukan dalam script di atas.

Selamat mencoba… Mudah-mudahan di artikel selanjutnya, kita akan kembangkan lagi script PHP di atas yang diintegrasikan dengan SMS Gateway supaya kita bisa update status Twitter via SMS. Menarik bukan?? 🙂

 

Saya seorang dosen dan peneliti di Universitas Sebelas Maret. Bidang penelitian saya tentang: adaptive learning, datascience, dan computer aided learning. Selain itu saya juga seorang blogger, serta penulis buku tentang pemrograman, dan matematika.

Leave a Reply