WordPress 2.7 Telah Dirilis…

Sharing is caring!

Begitu saya login ke panel admin blog pada hari ini, tiba-tiba muncul informasi bahwa WordPress 2.7 telah dirilis. Ya.. informasi ini akan muncul otomatis bila kita memasang plugin WordPress Automatic Update . Tidak hanya informasi yang muncul, tapi akan muncul link untuk langsung mengupgradenya.

Wah… begitu muncul informasi tersebut, langsung dah saya upgrade. Tidak sampai 5 menit jadi deh WordPress 2.7 :-). Dan begitu saya masuk ke panel admin… WOW…. tampilannya dashboard berubah man…. keren dah sekarang. Kalau WordPress rilis sebelumnya bernuansa biru-putih, sekarang bernuansa hitam-putih, dan kelihatan lebih mantap kombinasi warnanya.

Selain tampil lebih keren dengan warna dashboard yang hitam-putih, masih ada perbedaan lagi yaitu fitur sliding menu. Seperti tampil di bawah ini

Ada yang baru lagi dengan fitur WordPress 2.7, yaitu muncul form QuickPress. Apaan tuh? Yap… fitur ini dapat membuat artikel baru dengan cepat, karena langsung tersedia di dashboard tanpa masuk ke menu POST. Ini dia tampilannya

Memang kalo Anda posting via QuickPress tidak ada pilihan categorinya, sehingga nantinya akan menggunakan default kategori yaitu Uncategorized.

Fitur yang lain lagi di WordPress 2.7 adalah adanya fasilitas untuk upload media, seperti image, video dll dengan cepat. Dalam WordPress rilis sebelumnya, untuk mengupload media ini kita harus masuk ke menu post terlebih dahulu. Namun kini fasilitas ini langsung tersedia dalam dashboard.

Apakah masih ada lagi fitur selain di atas? Masih donk, yaitu fitur untuk mengedit komentar. Kalau sebelum WordPress 2.7 ini, kita agak repot dengan mengedit komentar yang masuk, namun kini semuanya dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Di bawah setiap komentar, akan muncul link Quick Edit.

Apabila link tersebut diklik, maka akan muncul form edit komentar seperti di bawah ini

Wah… yang jelas, untuk WordPress 2.7 ini beda banget tampilannya dan fiturnya yang berbasis AJAX tambah banyak dan menarik.

Eit.. satu lagi fitur yang menawan dari rilis terbaru WordPress ini, yaitu adanya fasilitas install plugin yang cepat. Dalam menu plugins, terdapat submenu ADD NEW untuk menambah plugin ini. Anda dapat langsung mengupload file plugin berbentuk zip melalui form yang disediakan, tanpa harus menguploadnya via software FTP khusus. Selain itu Anda bisa browsing plugin yang ada di wordpress.org secara langsung. Setelah Anda menemukan plugin yang diinginkan, langsung saja klik INSTALL. Sungguh cara install plugin yang lebih mudah dan cepat dibandingkan rilis sebelumnya.

So… bagi Anda yang masih menggunakan WordPress rilis sebelumnya, buruan upgrade… dan rasakan bedanya 🙂

Tinggalkan Komentar