Trik Meningkatkan Traffic Blog WordPress dengan Notifikasi Komentar Via Email

Sharing is caring!

Beberapa hari belakangan ini, Alhamdulillah traffic blog saya semakin meningkat. Dari yang dulunya sekitar 2000 an page view per hari sekarang meroket hingga menuju 4000 per hari. Saya tidak tahu persis kenapa hal ini bisa terjadi, namun bila dianalisa bisa jadi hal ini disebabkan karena saya telah melengkapi fitur blog WordPress saya ini dengan sesuatu yang bisa menarik visitor untuk senantiasa kembali mengunjungi blog ini.

Sebuah blog atau situs yang baik, tidak hanya mengandalkan penyajian konten yang bermutu saja. Namun di balik itu, hubungan atau interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung juga senantiasa harus diperhatikan. Hal ini untuk mengantisipasi larinya visitor ke blog lain, atau istilah kerennya ‘pindah ke lain hati’ 🙂 Intinya adalah “Buat Pengunjung Blog Anda Berkesan“, jika ingin blog Anda kembali dikunjungi oleh visitor.

Berikut ini akan saya paparkan bagaimana trik yang saya pakai supaya hubungan batin antara blog dengan visitor tetap terjaga dengan baik 🙂

Untuk membuat pengunjung blog berkesan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik blog. Salah satunya bisa melalui membalas komentar visitor yang masuk, meskipun hanya ‘say thanks‘ or ‘say hello‘. Meskipun hanya dengan kata sederhana tersebut, seorang visitor akan merasa diperhatikan dan tersanjung. Syukur-syukur bila Anda membalas komentar mereka dalam bentuk pertanyaan dengan jawaban yang detail sehingga mereka puas. Akan tetapi hal ini juga sulit diterapkan bila si pemilik blog dalam kondisi yang kurang mood, apalagi jumlah pertanyaan per hari yang muncul mencapai puluhan, seperti saya 🙂 Maaf ya… bila ada pertanyaan visitor yang belum terjawab oleh saya. Namun.. sebagai upaya untuk memperlihatkan kepedulian kita terhadap pertanyaan visitor, usahakan tetap kita berikan respon.

Nah… yang menjadi kendala di WordPress adalah, terkadang seorang visitor itu tidak tahu apakah komentar mereka telah direspon atau belum. Jangankan direspon, diapprove atau tidakpun juga terkadang tidak tahu, hal ini terjadi bila pemilik blog mengaktifkan sistem moderasi pada komentar. Bagi visitor yang sering mengunjungi blog kita tentu hal ini tidak menjadi masalah, karena mereka kemungkinan masih ingat di artikel mana dia meninggalkan komentarnya.

Jadi.. ada gak ya cara untuk memberitahu visitor bahwa komentarnya sudah diapprove atau bahkan sudah dibalas oleh si pemilik blog? Bila cara ini sudah kita temukan, maka kemungkinan besar si visitor akan kembali mengunjungi blog kita untuk melihat komentarnya dan juga balasannya jika telah dibalas.

He.. 3x jangan khawatir, karena saat telah ada plugin WordPress untuk memberikan notifikasi atau pemberitahuan via email yang dikirim ke setiap visitor yang telah meninggalkan komentar. Email notifikasi tersebut bisa berisi informasi bahwa komentarnya sudah diapprove oleh admin blog, informasi bahwa komentarnya sudah dibalas. Tidak hanya informasi pemberitahuan, akan tetapi dalam email tersebut juga diberikan URL yang diarahkan ke blog kita untuk melihat komentar dan juga balasannya. OK bukan?

Tak kalah heboh, dengan plugin tersebut kita juga bisa mengatur isi email notifikasinya dalam bentuk template. Sehingga Anda bisa membuat email pemberitahuan dengan gaya bahasa Anda 🙂

Mau tahu nama plugin WordPress tersebut? Namanya adalah WP Comment Auto Responder. Jika Anda mendengar namanya, maka tentu Anda mengira yang membuat orang asing. He.. 3x Jangan salah, karena plugin tersebut yang membuat adalah orang Indonesia, yaitu mas Ahlul. Hebat euy!!

Nah… jika ingin menginstal, langsung saja disearch lewat Plugins > Add New yang ada di Dashboard WordPress Anda.

Setelah diinstal, langsung saja disetting template isi email notifikasinya. Berikut ini contoh template email notifikasi yang saya gunakan di blog ini untuk pemberitahuan bahwa komentar telah diapprove.

Assalaamualaikum [comment_author],

Terimakasih Anda sudah meninggalkan pesan/komentar 
di blog.rosihanari.net.

Anda telah meninggalkan pesan di artikel berjudul:
[post_title]
---------------------------------------------------
Komentar yang Anda tulis:
[comment_content]
---------------------------------------------------
Anda dapat melihat komentar tersebut kembali di:
[comment_url]
---------------------------------------------------

Saya akan segera membalas komentar Anda bila memungkinkan 
atau mampu untuk menjawab 🙂

Keterangan:

[comment_author] secara otomatis akan menampilkan nama si pengisi komentar di email,
[post_title] secara otomatis akan menampilkan judul postingan (artikel) tempat komentar ditulis
[comment_content] akan menampilkan isi komentar yang telah ditulis
[comment_url] akan menampilkan link URL yang langsung menuju ke komentar yang ditulis di blog Anda

Sedangkan berikut ini contoh template email untuk notifikasi bahwa komentar sudah dibalas.

Assalaamualaikum [comment_replied_author],

Komentar Anda sudah dibalas pada artikel berjudul:
[post_title]

Waktu itu Anda menuliskan:
[comment_replied_content]

Berikut ini link balasannya: 
[comment_replied_url]

Keterangan:

[comment_replied_author] berisi nama si pemberi komentar
[post_title] berisi judul artikel
[comment_replied_content] berisi komentar yang telah ditulis sebelumnya
[comment_replied_url] berisi link URL menuju balasan komentar

Oya… Anda juga bisa menambahkan Mail Signature dalam setiap email notifikasi yang dikirimkan. Untuk menambahkannya sudah tersedia dalam bagian tersendiri pada plugin tersebut.

Mudah bukan cara mengaturnya? Semoga hubungan batin antara visitor dengan blog Anda semakin terjalin dengan baik deh… Selamat mencoba !! 🙂

Tinggalkan Komentar