This Blog Has Been Upgraded to WordPress 2.8

Sharing is caring!

Setelah sekian lama menunggu rilis resmi terbaru dari WordPress (WP) 2.8 yang katanya mau dilaunch bulan Mei kemaren, akhirnya tiba juga saatnya. Ternyata rilis resmi WordPress 2.8 baru keluar sekitar tanggal 11 Juni 2009 kemaren.

Tengah malam tanggal 12 Juni, saya coba iseng-iseng masuk ke admin panel WordPress. Begitu di dashboard muncul link untuk menyarankan segera mengupgrade ke WP 2.8, langsung saja saya lakukan proses upgrade.

Simak penuturan kisah saya dalam mengupgrade blog ke WP 2.8 yang sempat diwarnai kecemasan dan kekhawatiran 🙂

Karena saya menggunakan plugin WordPress Automatic Upgrade, maka tidak lebih dari 5 menit, proses upgrade selesai dengan sukses.

Sempat ada sedikit rasa was-was yang muncul sewaktu proses upgrade, jangan-jangan blognya jadi rusak atau ada masalah yang disebabkan oleh struktur database yang kemungkinan berbeda, atau core files yang berubah. Untuk menghilangkan kecemasan ini, saya sempatkan untuk membackup semua file dan database yang ada. Fitur backup ini juga disediakan oleh plugin WordPress Automatic Upgrade. Begitu ada trouble dengan proses upgrade atau blog jadi rusak, ya… tinggal kontak layanan support hosting, dan minta tolong dikembalikan lagi blognya seperti semula dengan file backup sebelumnya. Untungnya support tempat hosting ini selalu siap sedia 24 jam dan selalu siap membantu 🙂 Maju terus RumahWeb (nggak promosi lho)

Setelah proses upgrade selesai, ada beberapa fitur terbaru dari WP 2.8 yang membuat saya terkesima, khususnya fitur baru untuk instal theme dengan cepat. Meskipun tidak hanya fitur tersebut yang ada di WP 2.8.

Bila Anda menggunakan WP versi sebelumnya, maka Anda sedikit mengalami sedikit kerepotan setiap kali Anda ingin menginstal theme yang baru. Langkah yang Anda lakukan adalah download theme dari http://wordpress.org/extend/themes atau situs penyedia theme yang lain, file theme lalu diekstrak, kemudian Anda upload file theme tersebut via FTP atau melalui File Manager yang ada di CPanel, dan barulah Anda install via admin panel. Dalam hal ini Anda butuh beberapa langkah yang sedikit merepotkan dalam proses instalasi themenya.

Namun kini, dengan WP 2.8, Anda cukup melalui admin panel saja jika ingin menginstal theme terbaru. Konsepnya sama seperti fitur Add New Plugin yang ada di WP 2.7. Nah.. fitur untuk Add New Themes ini sekarang ada di dalam WP 2.8 tepatnya di dalam kategori menu Appearance.

Photobucket

Setelah kita masuk ke dalam menu tersebut, akan muncul beberapa fasilitas untuk install theme dengan beberapa cara. Cara pertama adalah dengan upload langsung file theme (dalam bentuk ZIP) yang telah kita download.

Photobucket

Dengan cara di atas, kita tidak perlu lagi upload file theme via FTP atau File Manager di CPanel.

Kita juga bisa mencari theme yang kita inginkan terlebih dahulu melalui fitur Install Theme ini. Yang Anda lakukan hanyalah memasukkan kata kunci theme yang diinginkan

Photobucket

atau mencarinya dengan menggunakan beberapa kategori pilihan

Photobucket

Terdapat beberapa kategori pilihan jenis theme yang bisa dicari, misalnya theme dengan 2 kolom, 3 kolom , atau posisi sidebarnya (di kanan, di kiri), atau mungkin berdasarkan warna theme favorit Anda.

Nah… setelah hasil pencariannya muncul, nantinya akan muncul preview themenya. Bila Anda tertarik menggunakannya, maka tinggal klik link INSTALL saja yang ada di bawah preview themenya. Dan… selamat Anda punya theme baru 🙂

Photobucket

OK… met mengupgrade ya…

Tinggalkan Komentar