Penawaran Engine Reservasi Tiket Pesawat

Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Tutorial Javascript | Tutorial PHP | Tutorial AJAX | Tutorial CSS | Tutorial FPDF | Tutorial Wordpress | Tutorial Java SE


Ebook yang direkomendasikan untuk Anda
Kunjungi Toko Ebook RosihanAri.Net


Tentang Array atau Matriks dalam MATLAB


September 7th, 2008 | by rosihanari | Cetak Artikel Cetak Artikel


GampSMS SMS Gateway

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang Pengenalan MATLAB, bahwa MATLAB sangat handal untuk komputasi yang terkait dengan array atau matriks. Kehandalan ini bisa terlihat mulai dari proses assignment variabel terhadap nilai bertipe array atau matriks yang sederhana, sampai dengan operasi perhitungannya yang cepat.

Pada artikel ini akan dibahas tentang penggunaan array atau matriks dalam MATLAB, mulai dari cara mengassign, membuat array multidimensi dan manipulasi elemen array.


Kesederhanaan dalam proses assignment variabel terhadap nilai bertipe array atau matriks ini disebabkan tidak diperlukannya pendefinisian ukuran (size) array atau matriks pada variabel tersebut. Secara otomatis, size atau dimensi dari variabel bertipe array ini akan menyesuaikan dengan array yang diassign atau dengan kata lain size untuk variabel bertipe array ini bersifat dinamis. Dengan demikian, kita tidak perlu pusing memikirkan size variabel yang diperlukan untuk suatu proses perhitungan.

Bagaimana caranya melakukan proses assignment variabel dengan nilai bertipe array atau matriks? Mudah sekali… yaitu hanya dengan mengapit elemen-elemen array dengan tanda kurung siku. Contoh:

>> arrayKu = [1 2 3 4 5]

Maksud perintah di atas adalah mengassign ‘arrayKu’ dengan nilai bertipe data array dengan size 1 x 5, dengan elemennya {1, 2, 3, 4, 5}. Kita bisa melihat outputnya di command window seperti di bawah ini:

arrayKu =

1     2     3     4     5

Dimensi array dapat juga diubah menjadi bentuk kolom 5 x 1, dengan cara:

>> arrayKu = [1; 2; 3; 4; 5]

Outputnya:

arrayKu =

1
2
3
4
5

Bagaimana dengan array berdimensi 3 x 4? Ya… no problem, berikut ini contohnya:

>> arrayKu = [1 2 3 4; 5 6 7 8; 9 10 11 12]

Outputnya:

arrayKu =

1     2     3     4
5     6     7     8
9    10    11    12

Mudah bukan?

OK selanjutnya, mungkin ada yang bertanya misalkan diketahui suatu array, katakanlah ‘arrayKu’ seperti di atas, bagaimana caranya mengambil atau menampilkan elemen yang bernilai ’7′? Hmmm.. untuk melakukan hal ini, kita harus tahu posisi elemen ’7′ ini, yaitu pada baris ke 2 kolom ke 3. Lalu tuliskan saja perintah ini:

>> arrayKu(2, 3)

Outputnya:

ans =

7

Berikutnya, misalkan kita ingin mengganti elemen ‘arrayKu’ pada baris ke 3 kolom ke 4 dengan nilai 100. Bagaimana caranya?

>> arrayKu(3, 4) = 100

Outputnya:

arrayKu =

1     2     3     4
5     6     7     8
9    10    11   100

Nah… ada pertanyaan lagi nih, bagaimana caranya mengambil semua elemen pada kolom pertama dari ‘arrayKu’? Ini dia perintahnya

>> arrayKu(:, 1)

Outputnya:

ans =

1
5
9

Bagaimana dengan mengambil semua elemen pada salah satu barisnya? misalkan baris ke 2? Mudah sekali…

>> arrayKu(2, :) 

Outputnya:

ans =

5     6     7     8

Kita juga dapat memanipulasi semua elemen dalam satu kolom atau baris sekaligus melalui suatu perhitungan. Misalkan baris kedua dari ‘arrayKu’ diubah menjadi 2 kali mula-mula.

>> arrayKu(2, :)  = 2*arrayKu(2, :) 

Outputnya:

arrayKu =

 1     2     3     4
10    12    14    16
 9    10    11    12



Share ke Facebook Share ke Twitter
Baca Juga Artikel Terkait
Penggunaan Variabel dalam MATLAB
Menyisipkan Elemen ke dalam Array di PHP
PHP Dasar – Array
Pengenalan MATLAB
PHP Dasar – Penggunaan Variabel dalam PHP

Kata kunci:


 

Komentar Anda ...