Script PHP Untuk Menghentikan Service Gammu

Sharing is caring!

Baru beberapa hari setelah menulis artikel tentang cara menjalankan service gammu dengan PHP, eh.. sudah diminta menulis lagi untuk menghentikan service gammu nya 🙂 It’s OK brothers…. Saya akan berusaha mewujudkannya, selama ada kesempatan. Dan… Alhamdulillah… saat ini saya ada waktu, dan saya akan menuliskan caranya membuat script PHP untuk menghentikan service gammunya.

Well… seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa, untuk menjalankan dan menghentikan service gammu memang agak sedikit ribet terutama jika Anda menggunakan OS Windows karena harus melalui beberapa langkah. Atau… jika Anda menggunakan Linux, maka Anda harus hapal command nya. Nah… untuk memudahkan Anda untuk menjalankan dan menghentikan service gammu, kita bisa membuat semacam script yang ditulis dengan bahasa PHP.

Pada prinsipnya, membuat script PHP untuk menghentikan service Gammu ini sama dengan menjalankan service Gammu nya, hanya beda di command nya saja. Dalam script yang nanti kita buat ini nanti, kita masih menggunakan function passthru() guna menjalankan command Gammu untuk menghentikan servicenya.

Nah… sebelum membuat script PHP nya, terlebih dahulu kita harus tahu command Gammu untuk menghentikan servicenya. Bagaimana bentuk command nya? Ini dia…

gammu-smsd -k

parameter -k mungkin bermakna ‘kill‘ ya 🙂 CMIIW.

OK, command untuk menghentikan servicenya sudah tahu. Sekarang kita bisa buat script PHP nya. Oya, untuk skenarionya, nanti kita buat sebuah tombol untuk proses penghentian servicenya.

service-stop.php

<?php

echo "<h1>Gammu Service</h1>";

if ($_POST['submit'])
{
   // menjalankan command menghentikan service Gammu
   passthru("gammu-smsd -k");
}
else
{
// form berisi tombol untuk menghentikan service Gammu
echo "<form method='post' action=".$_SERVER&#91;'PHP_SELF'&#93;.">";
echo "<input type='submit' name='submit' value='Hentikan Service Gammu'>";
echo "</form>";
}
?>

Script di atas dibuat dengan asumsi bahwa script service-stop.php tersebut terletak dalam folder Gammu nya. Anda bisa mengubah path command nya seperti pada script menjalankan service Gammu, asal script service-stop.php nya ditempatkan pada folder WWW atau HTDOCS.

Berikut ini tampilan script di browser

Script PHP Gammu

Script PHP Gammu

Jika service gammu berhasil dihentikan, maka akan muncul keterangan ‘Service GammuSMSD stopped sucessfully‘.

Script PHP Gammu

Namun jika gagal, akan muncul status ‘Error stopping GammuSMSD service‘. Munculnya pesan error ini kemungkinan disebabkan karena sebelumnya servicenya memang sudah berhenti, namun Anda klik tombol untuk menghentikannya kembali.

Oya, ada satu lagi tambahan. Mungkin di antara Anda ada yang menjumpai tidak munculnya status setelah tombol untuk menjalankan service atau menghentikan service Gammu diklik. Biasanya hal ini terjadi bagi Anda yang menggunakan OS Windows XP. Hal ini disebabkan adanya file di Windows yang hilang atau corrupt. Nama file tersebut adalah msvcr71.dll. Trus… solusinya gimana? apakah harus direinstall Windows nya? he 3x, tidak perlu kawan, cukup Anda download saja file tersebut di situs www.dll-files.com. Kemudian taruh file tersebut di direktori C:\Windows\System32 kemudian restart PC nya.

OK deh.. selamat mencoba script di atas ya, dan selamat bereksperimen sendiri 🙂

Tinggalkan Komentar