Plugin WordPress untuk Menampilkan Judul Artikel dalam Kategori yang Sama

Sharing is caring!

Setelah plugin Similar Post, yang saya gunakan di blog ini untuk menampilkan judul-judul artikel yang terkait dalam suatu postingan, dianggap sebagai biang masalah terkait dengan load server yang besar, langsung saya deactivate plugin tersebut.

Memang sih… saya berusaha sekuat tenaga mempertahankan plugin tersebut, tapi lama-lama juga kasihan tuh server hosting. Setelah saya baca-baca artikel di beberapa referensi ternyata plugin Similar Post butuh resource yang tidak kecil. Semakin banyak postingan kita, maka semakin besar resource yang dibutuhkan untuk menjalankan plugin tersebut. Mengapa demikian? Ya… karena plugin tersebut bekerja dengan memeriksa setiap kata dan tag, serta judul dalam semua postingan yang relevan dengan konten postingan yang sedang dibaca.

Wah… padahal plugin tersebut saya gunakan untuk memanjakan pengunjung blog ini dalam mencari artikel lain yang terkait dengan artikel yang sedang dibacanya. Selain itu dengan adanya artikel terkait bisa meningkatkan page views.

So… gimana donk solusinya kalo plugin Similar Post ini kurang pas untuk blog WordPress yang postingannya sudah banyak? Jangan khawatir…. setelah saya cari-cari di internet, ternyata ada plugin lain yang mirip dengan Similar Post, yaitu bernama “Other Post From Cat“, “Cat” di sini maksudnya adalah Category. Dengan plugin tersebut, kita bisa menampilkan beberapa judul artikel yang telah diposting di bawah artikel yang sedang dibaca. Judul-judul artikel tersebut dipilih dari artikel yang ada dalam kategori yang sama. Menarik bukan? Ya… meskipun agak beda dengan Similar Post, tapi gak jauh-jauh beda amat kok hasilnya.

Perbedaan cara kerja Similar Post dengan Other Post From Cat adalah pada proses seeking (pencarian) artikelnya. Pada Similar Post, script plugin akan mencari semua artikel (tidak peduli dia berkategori sama atau tidak), asal memiliki judul, kata konten atau tag yang sama, maka akan ditampilkan. Sedangkan untuk Other Post From Cat hanya bekerja pada kategori yang sama saja. Tapi disini tidak perlu mencari judul, kata dalam konten atau tag yang sama/mirip. Di sini diasumsikan kalo artikel dalam kategori yang sama maka dianggap artikel yang terkait. Dengan demikian… resource yang dibutuhkan untuk menjalankan plugin Other Post From Cat ini tidak terlalu besar.

Nah… bagaimana cara instalasi plugin Other Post From Cat ini? Berikut ini penjelasannya:

  1. Downloadlah pluginnya terlebih dahulu di sini
  2. Setelah itu ekstraklah file yang Anda download tadi, lalu uploadlah ke server hosting Anda dan letakkan di direktori /wp-content/plugins
  3. Setelah script plugin diupload, lalu aktifkan pluginnya melalui panel dashboard WordPress Anda
  4. Sudah deh…. kalau Anda lihat hasilnya, secara otomatis di bawah setiap postingan Anda akan tampil beberapa judul artikel yang berkategori sama. Eh… tapi ingat, tampilan ini tidak muncul di index nya, tapi ketika Anda masuk ke salah satu full artikel nya.
  5. Anda bisa mengatur berapa jumlah judul artikel yang akan ditampilkan melalui panel Settings > DDOtherPostFromCat.

    Dalam setting tersebut, terdapat option : Show at the bottom of every post. Apabila option tersebut.dipilih, maka judul-judul artikel akan tampil di setiap postingan Anda. Namun Anda juga bisa menampilkannya hanya pada postingan-postingan tertentu saja. Caranya dengan menghilangkan tanda cek pada option tersebut. Lalu tambahkan perintah <!– ddpostsfromcat –> pada postingan yang Anda inginkan. Untuk menambahkannya, silakan edit artikelnya melalui menu Post > Edit, lalu tambahkan perintah tersebut. Mmm.. sebaiknya perintah tersebut diletakkan di bagian paling bawah postingan deh…

    Selain itu terdapat pula option Text to show before list. Option tersebut digunakan untuk menambahkan suatu teks di atas judul-judul artikel yang tampil. Seperti yang Anda lihat di blog saya ini, sebelum judul-judul artikel muncul terdapat teks “Baca juga artikel yang lain berikut ini:”. Nah.. itu saya buat dengan mengisi option tersebut.

    Untuk option yang lain, silakan bereksperimen sendiri yah… 🙂

OK… semoga artikel ini bermanfaat buat Anda yang ingin memanjakan pengunjung blog Anda sekaligus meningkatkan Page Views nya.

Tinggalkan Komentar