Penawaran Engine Reservasi Tiket Pesawat

Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Tutorial Javascript | Tutorial PHP | Tutorial AJAX | Tutorial CSS | Tutorial FPDF | Tutorial Wordpress | Tutorial Java SE


Ebook yang direkomendasikan untuk Anda
Kunjungi Toko Ebook RosihanAri.Net


Plugin Alternatif Penyaring Spam Selain Akismet


March 1st, 2009 | by rosihanari | Cetak Artikel Cetak Artikel


Jual kaos

Sering dipusingkan dengan banyaknya spam yang masuk ke komentar di wordpress Anda? atau Anda merasa bahwa Akismet sudah tidak efektif lagi dalam memfilter spam yang masuk? Jangan khawatir karena ada beberapa plugin alternatif yang dapat difungsikan sebagai spam filter.

Apa sih spam itu? Bagi yang belum tahu apa itu spam, spam adalah teks yang dikirim oleh suatu mesin atau robot melalui email, guestbook dan form-form lain, termasuk juga form komentar yang ada di WordPress. Biasanya teks yang dikirim ini berupa iklan-iklan sampah. Apabila jumlah spam yang dikirim berjumlah 1-2 buah saja tidak begitu menjadi masalah, namun perlu Anda tahu bahwa sebuah robot atau mesin spam bisa mengirim pesan sampah itu berjumlah ratusan ribu bahkan jutaan dalam sekali kirim ke seluruh dunia. Itu hanya berasal dari sebuah mesin spam. Nah… bayangkan bila terdapat lebih dari ratusan bahkan ribuan mesin spam. Bisa jadi blog wordpress Anda menjadi bulan-bulanan spam.

Bagaimana dengan Akismet? Memang Akismet adalah salah satu plugin yang dirasa cukup efektif untuk menyaring spam secara otomatis di WordPress. Plugin ini merupakan plugin bawaan dari WordPress. Ketika kita menginstal WordPress, maka Akismet ini sudah tersedia dalam daftar plugin dan tinggal diaktifkan saja.

Prinsip kerja Akismet dalam menyaring spam adalah secara otomatis dia akan mendeteksi pesan komentar apakah termasuk spam atau bukan dengan algoritma tertentu. Bila dia mengindentifikasi sebuah spam telah masuk, maka spam tersebut langsung dikirim ke database yang dimiliki oleh si pembuat Akismet (menggunakan remote server), bukan di database WordPress Anda atau di server hosting Anda.

Namun… apakah Akismet ini sepenuhnya efektif? Ternyata tidak, ada beberapa spam yang masih bisa meloloskan diri dari perangkap Akismet. Selain itu terkadang Akismet tidak berjalan. Hal ini dikarenakan server Akismet tidak bisa diakses oleh server hosting kita. Hal ini sering terjadi ketika Anda memilih hosting di IIX :-) (pengalaman pribadi nih)

So… bagaimana donk solusinya? ya… kita cari alternatif plugin pengganti Akismet. Sukur-sukur kalo bisa kita pasang Akismet dan alternatifnya (dua-duanya). Kalau saya sendiri pasang dua-duanya :-)

Apa plugin alternatif yang bisa digunakan untuk menyaring spam? Saya sendiri menggunakan Peter’s Custom Anti Spam plugin. Beberapa kelebihan plugin ini adalah:

  1. Memunculkan suatu kode berupa teks yang harus diisikan si pengirim komentar sebelum mensubmit komentarnya. Kode ini akan muncul secara random. Hanya manusialah yang bisa membaca kode tersebut. Sedangkan mesin spam tidak.
  2. Kode yang muncul mudah dibaca dan tidak membingungkan.
  3. Dapat memblok pingback dan trackback yang diindikasi berasal dari spam
  4. Bagi pengunjung yang maaf… agak sulit membaca tulisan kode yang muncul, terdapat kode berupa sound.
  5. Tersedia fasilitas yang mengingatkan bahwa kode yang dituliskan salah
  6. Tidak membutuhkan javascript dan cookies untuk bekerja

Efek penggunaan dari plugin Peter’s Custom Anti Spam tampak seperti form komentar yang ada di bawah ini.

Bagaimana cara instalasinya?

  1. Download pluginnya di http://www.theblog.ca/anti-spam
  2. Ekstrak file plugin yang telah didownload
  3. Upload semua file hasil ekstrak ke server hosting (termasuk foldernya) dan letakkan ke direktori /wp-content/plugins/
  4. Aktifkan pluginnya melalui admin panel WordPress Anda
  5. Atur konfigurasi plugin melalui menu Settings > Custom Anti-Spam

Catatan:

Untuk bisa menggunakan plugin ini, WordPress Anda haruslah minimal versi 2.0 ke atas. Selain itu, server web hosting Anda harus mensupport GD Library dan juga Free Type. GD library digunakan untuk mengolah image dan free type untuk mendukung jenis font yang digunakan.

Bila Anda ingin mengetahui apakah server hosting Anda mensupport keduanya atau tidak, masuk ke panel WordPress > Settings > Custom Anti-Spam, dan lihat bagian paling bawah dari halaman konfigurasi yang muncul.

Selain Peter’s Custom Anti-Spam, plugin apalagi yang bisa digunakan sebagai alternatif Akismet? Beberapa di antaranya adalah Yawasp (Yet Another WordPress Anti Spam Plugin), TanTan Noodles, Defensio Anti Spam, Math Comment Spam Protection.

Plugin-plugin yang disebutkan di atas saya pilih atas dasar jumlah download terbanyak dan rating tertinggi dalam WordPress Plugin Directory, yang masing-masing memiliki algoritma dan teknik yang berbeda-beda dalam memfilter spam.

Oya… di antara plugin yang saya sebutkan tersebut, ada salah satu plugin yang menarik yaitu Math Comment Spam. Di sini, pengisi komentar harus menjawab soal matematika yang muncul. Tapi soalnya mudah kok, misalnya 3+4=? :-) Bila jawabannya salah, maka dia dianggap spam. Unik juga ya.

Nah… silakan pilih salah satu plugin spam filter yang Anda suka deh :-)




Share ke Facebook Share ke Twitter
Baca Juga Artikel Terkait
Plugin WordPress Untuk Menampilkan Artikel Terkait
WP-Syntax, Plugin WordPress nya Para Programmer
Install Plugin Random Post di WordPress
Membuat Kode Verifikasi Anti Spam Pada Form dengan JpGraph
Plugin WordPress untuk Menampilkan Judul Artikel dalam Kategori yang Sama

Kata kunci: akismet - spam filter - Wordpress -


 

Komentar Anda ...