Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE



SMS Notifikasi (Auto Broadcast) Jika Ada Artikel Terbaru di Blog WordPress


September 28th, 2010 | rosihanari |

Satu lagi persembahan artikel dari saya bagi para pecinta SMS Gateway di blog ini. Kali ini tentang bagaimana cara membuat SMS broadcast jika ada artikel terbaru pada blog Anda. BTW… ide ini muncul tadi malam setelah saya bangun tidur :-) Nah… Barangkali teknik ini bisa dijadikan salah satu teknik marketing untuk memperkenalkan blog Anda, atau mendatangkan traffic. Melalui SMS yang dikirimkan, diharapkan pengunjung setia blog Anda akan merasa senang karena mendapat notifikasi atau pemberitahuan setiap kali ada artikel baru di blog Anda.

Lantas isi dari SMS notifikasi yang dibroadcast kepada pengunjung blog tersebut apa ya?

Ya… untuk SMS notifikasi yang dikirimkan isinya cukup dengan menampilkan judul atau title artikel terbaru tersebut dan juga URL link menuju ke artikel tersebut. Apakah URL link dalam SMS tersebut apakah bisa diklik?? Hmmm… untuk beberapa jenis hp-hp saat ini yang canggih, link URL tersebut bisa diklik dan langsung membuka browser menuju link tersebut.

Oya, untuk lebih menarik hati pengunjung blog Anda, mungkin bisa Anda tambahkan kata sapaan, misalnya: “Hallo [nama], ada artikel terbaru lho di blog, judulnya [judul], URL nya [URL]“.

Nah… pada artikel kali ini saya akan mencoba memaparkan cara membuat layanan SMS auto broadcast tersebut.

Baca selengkapnya »

Membuat Loading Data AJAX Ala Facebook Dengan PHP


September 23rd, 2010 | rosihanari |

Anda kenal dengan image di bawah ini?

AJAX Loading Facebook

Ya… bagi Anda yang merupakan Facebooker, tentu image di atas tidak asing lagi. Image tersebut muncul sewaktu proses loading data di Facebook yang mana scriptnya menggunakan AJAX.

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba memaparkan cara membuat script AJAX untuk menampilkan data dengan menggunakan image di atas sebagai tanda loadingnya ala Facebook.

Baca selengkapnya »

Teknik Mengirim Data (POST Method) Dari Remote Server Dengan CURL


August 27th, 2010 | rosihanari |

Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memaparkan bagaimana teknik melakukan pengiriman data dengan POST method dari suatu server ke server lain menggunakan CURL di PHP.

Sebagai contoh aplikasinya adalah berikut, misalkan Anda punya data di localhost (PC local). Selanjutnya Anda ingin mengirim suatu data tersebut ke server hosting. Padahal kita tahu bahwa hampir semua admin hosting menutup port untuk koneksi database nya jika diakses secara remote. Jika port tersebut dibuka, tentu transfer data dari localhost ke server hosting tidak menjadi masalah. Trus… bagaimana donk? Jangan khawatir karena masalah tsb masih bisa terselesaikan dengan CURL.

Baca selengkapnya »

Beberapa Error di PHP, Penyebabnya, dan Solusinya


August 6th, 2010 | rosihanari |

Sudah sekitar 2 tahun blog ini eksis di dunia maya. Semoga kehadirannya banyak membantu mereka yang sedang belajar membuat program atau script PHP, dan minta doanya semoga kami senantiasa istiqomah dalam sharing ilmu.

Seiring dengan bertambahnya usia, semakin bertambah banyak pula pertanyaan yang disampaikan oleh para pengunjung. Dalam artikel kali ini, saya mencoba merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung seputar error yang mereka jumpai dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca selengkapnya »

Membuat Script SMS Flash Dengan Gammu dan PHP


July 27th, 2010 | rosihanari |

Apaan tuh SMS Flash? SMS Flash itu adalah sms yang begitu diterima langsung terbaca isinya. Setelah dibaca, SMS tersebut langsung terhapus secara otomatis dari inbox hp si penerima. Beda dengan SMS biasa, dimana SMS yang diterima tidak langsung terbaca/dibuka dan masih tersimpan di dalam inbox.

Nah… pada artikel ini, saya akan paparkan ide bagaimana cara membuat SMS flash dengan Gammu, dan pengembangannya bila diintegrasikan dengan script PHP. Script PHP ini nanti akan kita gunakan untuk memproses pengiriman, dimana sebelumnya si pengirim bisa memilih format SMS yang akan dikirim apakah dalam bentuk SMS normal atau SMS flash, seperti fitur free sms yang ada di blog saya ini.

Baca selengkapnya »

Membuat Script Remote Shutdown Komputer Via SMS dengan PHP


July 22nd, 2010 | rosihanari |

Baru giat-giatnya bikin artikel SMS gateway nih… :-) Setelah artikel sebelumnya tentang SMS Auto Forwarding, sekarang saya akan coba paparkan cara membuat script PHP untuk remote shutdown komputer.

Bagi Anda yang sering lupa mematikan komputer, kini ada cara praktis untuk mematikan komputer secara jarak jauh hanya dengan menggunakan SMS. Hanya mengirimkan SMS berbunyi SHUTDOWN ke SMS center, maka otomatis komputer akan shutdown. Apakah sms nya harus berbunyi SHUTDOWN? he.. 3x nggak harus, Anda bisa menggunakan keyword SMS lain. Mau tahu cara membuatnya? OK ini dia caranya…

Baca selengkapnya »

Membuat Script SMS Auto Forward dengan PHP


July 17th, 2010 | rosihanari |

Maaf ya.. lama saya gak update lagi nih blog, semoga pengunjung setia blog ini gak berpindah ke lain blog :-) OK deh… pada artikel SMS gateway kali ini, saya akan mencoba memaparkan cara membuat script SMS Gateway yang dapat digunakan untuk melakukan auto forwarding SMS dengan script PHP.

Apa sih auto forwarding SMS itu?? Misalkan Anda memiliki sejumlah nomor hp teman atau member yang jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan atau ribuan yang tersimpan di database SMS center. Nah… jika Anda ingin mengirim pesan SMS ke semua nomor tersebut, Anda tinggal kirim SMS ke SMS center yang Anda buat sendiri dengan format pesan misalnya: FWD#PESAN maka otomatis pesan akan diteruskan oleh SMS center ke semua nomor hp yang ada di database.

Baca selengkapnya »