Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE




Mohon Maaf…


December 18th, 2008 | by rosihanari |


Jual kaos

Beberapa hari ini bagi Anda yang sering mengunjungi blog ini mungkin merasa terganggu dengan errornya beberapa script blog ini. Bahkan tidak hanya sekedar error scriptnya, tapi struktur dan tampilan blog ini jadi hancur…. Hal ini dikarenakan pihak ADMIN hosting yang saya pakai ini menonaktifkan semua plugin WordPress. Padahal menurut email yang dikirim ke saya untuk pemberitahuan terkait hal ini si Admin bilangnya hanya plugin tertentu saja yang dinonaktifkan, yaitu SIMILAR POST dan STATPRESS.

Ini dia isi email yang dikirimkan pihak admin ke saya:


Subject : [TEKNIS #SGY-329809]: Warning Load server pada Account rosihanari.net
Date : 16/12/2008 11:17 AM

Salam,

Kami informasikan bahwa kami telah menonaktifkan plugin wp-statpress dan juga similiar-post karena telah menyebabkan load server tinggi. Akibat dari load server tinggi pada account tersebut juga dapat menyebabkan error 500 pada account Bapak.

Demikian informasi kami sampaikan, terima kasih atas perhatiannya.

Jabat Erat,

DHY-RW

Dari email di atas sangat jelas bahwa hanya 2 plugin saja yang telah dinonaktifkan. Tapi kenyataannya semua plugin dinonaktifkan. Kejadian tersebut (penonaktifan semua plugin) tidak hanya sekali, namun beberapa kali dan saya dibuat repot oleh kejadian ini. Bahkan beberapa plugin didelete dengan sengaja oleh admin, seperti WordPress Stat (pengganti STATPRESS yang dianggap masalah). Sungguh suatu cara yang tidak etis…. :-(

Kepada pengunjung blog yang merasa terganggu, saya minta maaf akan kejadian ini…

Seperti yang kita baca dari email di atas bahwa alasan penonaktifan kedua plugin tersebut (SIMILAR POST dan STATPRESS) adalah menyebabkan load server yang besar. Lho kok aneh… padahal kedua plugin tersebut bukanlah suatu malscript, ilegal script atau sejenisnya dan WordPress.org telah mengapprove nya sebagai plugin yang legal.

Seperti yang kita ketahui bahwa SIMILAR POST adalah plugin WordPress yang digunakan untuk menampilkan judul postingan lain yang relevan dengan artikel yang sedang dibaca. Hal ini perlu dan sangat bermanfaat bagi pengunjung untuk mencari artikel lain yang masih relevan dengan artikel yang sedang dibacanya. Eh… lha kok plugin semacam ini dianggap sebagai biang masalah. Kalau pakai logika orang pada umumnya bahkan orang awam sekalipun, kalau pengunjung suatu blog banyak…. dan blog tersebut memasang plugin SIMILAR POST ini, ya…. otomatis loadnya server banyak. dan itu suatu konsekuensi yang wajar….

Sedangkan STATPRESS adalah plugin untuk mengetahui statistik harian pengunjung blog. Saya biasa menggunakan plugin ini untuk mengetahui topik artikel apa saya yang sering dibaca pengunjung. Kebanyakan pengunjung lebih suka jenis artikel apa, dan sebagainya. Eh… lha kok plugin tsb juga dianggap biang keladi masalah di hosting. ANEH…… Kita pakai logika lagi, kalau yang mengakses blog banyak, ya… otomatis load kerja server untuk menjalankan plugin tersebut juga besar.

Saya menyesalkan pihak hosting yang menyalahkan pihak penyewa hosting karena telah memasang plugin tersebut, dengan alasan di atas. Mereka tidak mengaca pada diri mereka sendiri untuk melihat kemampuan servernya dan tidak berusaha mencari solusi dengan meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan spesifikasi servernya. Padahal fee hosting yang mereka tawarkan tidak murah, tapi tidak diimbangi dengan kemampuan servernya. Saya dulu memilih hosting yang saya pakai ini karena memang jarang down dan koneksinya cepat, tapi ternyata….. :-(

Dari 2 kali pindah hosting, tempat hosting yang saya gunakan sebelumnya tidak mempermasalahkan kedua plugin tersebut. Saya pindah dari tempat hosting pertama karena alasan fee menjadi terlalu MAHAL :-) , dan dari tempat hosting yang kedua karena manajemennya tidak baik.

Jaman sekarang, dimana semua script saling terintegrasi dan semakin kompleks memang membutuhkan spesifikasi server yang tidak kecil lagi. Hare.. gene… masih pake server ecek-ecek ya… gak laku mas hostingannya.

Sampai saat ini saya masih meminta konfirmasi dengan pihak hosting, dan sengaja tidak saya tuliskan nama hostingnya. Dan bila mereka tidak bisa memberikan alasan yang tepat dan memperbaiki kinerjanya, maka barulah saya pindah hosting lain dan akan mereview pihak hosting yang sedang saya pakai ini dengan menampilkan namanya sangat jelas.

Mudah-mudahan dengan tulisan ini, si Admin dan pihak hosting bisa memperbaiki kinerjanya.


Kata kunci:


 

Komentar Anda ...