Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE


Produk yang direkomendasikan untuk Anda
Video Tutorial Pemrograman Web


Memproses Input Komponen Check Box di PHP


February 11th, 2009 | by rosihanari |


Jual kaos

Setelah saya menulis artikel bagaimana memproses input melalui komponen combo box, dan juga tentang radio button, dalam kesempatan ini, saya akan coba bahas tentang bagaimana memproses input melalui komponen check box di PHP. Yah… daripada melamun karena gak ada kerjaan, kuliah belum dimulai dan juga urusan sertifikasi guru 2008 sudah kelar semua, mending nulis-nulis sesuatu.

OK… lanjut…

Komponen check box, sering digunakan untuk input yang berupa check list dari pilihan option yang ada. Di sini, user diminta untuk memberi tanda check pada komponen tersebut dengan cara mengkliknya. Sebagai contoh misalnya pada suatu form terdapat pilihan hobi. Perhatikan contoh tampilan berikut ini.

Photobucket

Nah… kelebihan dari komponen check box ini adalah memungkinkan user untuk memilih option lebih dari satu seperti yang tampak pada gambar di atas.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana membaca value yang dipilih melalui check box ini dalam PHP. Hal tersebut yang akan dibahas pada artikel ini.

Sebelum kita membahas detail bagaimana caranya membaca value dari check box ini, terlebih dahulu kita lihat bagaimana komponen check box ini dibentuk.

Dalam (X)HTML, komponen check box dibentuk atau dibuat menggunakan tag sbb:

<input type="checkbox" name="..." value="..." />

di mana atribut name menunjukkan nama komponen, dan value adalah nilai yang akan disubmit bila checkbox tersebut dipilih user.

OK… sehingga untuk contoh form check box pilihan hobi di atas, kode HTML nya adalah sbb:

<form method="post" action="proses.php">
<input type="checkbox" value="menulis" name="hobi1"> Menulis <br/>
<input type="checkbox" value="makan" name="hobi2"> Makan <br/>
<input type="checkbox" value="tidur" name="hobi3"> Tidur <br/>
<input type="checkbox" value="nonton tv" name="hobi4"> Nonton TV <br/>
<input type="submit" value="Submit" name="submit">
</form>

Nah… selanjutnya bagaimana membaca hobi-hobi yang telah dipilih oleh user menggunakan check box?

Ya… langkah pertama untuk membaca data input dari check box adalah dengan mendeteksi komponen mana dari check box yang dipilih. Salah satu cara mendeteksi komponen mana dari check box yang dipilih adalah dengan menggunakan function isset().

Dalam PHP, function isset() ini digunakan untuk mendeteksi apakah suatu variabel sudah ada dalam memory atau belum. Bila variabel sudah ada dalam memory, maka isset() akan memberikan nilai TRUE, dan FALSE bila sebaliknya. Nah… function ini bisa kita manfaatkan untuk mendeteksi apakah suatu komponen check box dipilih atau tidak. Bagaimana caranya? Caranya dengan memberikan statement logika berikut ini

if (isset($_POST['namakomponen']))
{
   ....
}

OK trus… setelah variabel yang terkait dengan nama komponen dicek, trus ngapain? Ya… andaikan ada suatu komponen check box telah dipilih oleh user, maka perintah isset($_POST['namakomponen']) ini akan memberikan nilai TRUE, dan bila bernilai TRUE maka selanjutnya adalah proses membaca valuenya. Proses membacanya adalah cukup memanggil variabel $_POST['namakomponen'].

Berikut ini adalah statement untuk mengecek apakah komponen check box pada option hobi ‘menulis’ dipilih user atau tidak. Jika dipilih maka tampilkan di browser.

if (isset($_POST['hobi1'])) echo $_POST['hobi1'];

Dan secara lengkap, script untuk memproses pilihan hobi di atas adalah sbb:

<?php
if (isset($_POST['hobi1'])) echo $_POST['hobi1']."<br />";
if (isset($_POST['hobi2'])) echo $_POST['hobi2']."<br />";
if (isset($_POST['hobi3'])) echo $_POST['hobi3']."<br />";
if (isset($_POST['hobi4'])) echo $_POST['hobi4']."<br />";
?>

Cara di atas akan lebih efisien dibandingkan cara dengan langsung membaca dan menampilkannya, tanpa mengecek apakah option check box nya telah dipilih atau belum seperti pada script berikut ini.

<?php
echo $_POST['hobi1']."<br />";
echo $_POST['hobi2']."<br />";
echo $_POST['hobi3']."<br />";
echo $_POST['hobi4']."<br />";
?>

Dimanakah sisi efisiennya? Ya… bila Anda menggunakan script di atas, maka nilai dari $_POST['namakomponen'] pasti ada nilainya, yaitu NULL Value, dan nilai ini pasti akan tetap dibaca meskipun komponen tersebut tidak dipilih. Sedangkan pada cara sebelumnya tidak akan dibaca nilainya, jika komponennya tidak dipilih.

Pada artikel selanjutnya, Insya Allah akan saya paparkan bagaimana jika data pilihan pada option check box diambil dari database yang dinamis serta bagaimana pengolahannya. Dalam hal ini penjelasan akan diimplementasikan pada studi kasus pemilihan matakuliah oleh mahasiswa, dimana option matakuliah yang akan dipilih melalui check box nantinya berdasarkan list matakuliah yang ada dalam database. Trus… bagaimana prosesnya untuk memasukkan matakuliah yang telah dipilih ke dalam database pengambilan matakuliah.

Nantikan artikel tersebut hanya di blog ini, bukan di blog yang lain… :-) So… stay tune terus yah…




Share ke Facebook Share ke Twitter
Baca Juga Artikel Terkait
Pemrosesan Form dengan Komponen Combo Box
Script PHP untuk Edit Data dengan Komponen RadioButton pada Form
Beberapa Tombol Submit dalam Satu Form
Tentang Letak Script Pengolah Form
Script PHP untuk Mengedit Data Via Form

Kata kunci: checkbox - form - PHP -


 

Komentar Anda ...