Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Tutorial Javascript | Tutorial PHP | Tutorial AJAX | Tutorial CSS | Tutorial FPDF | Tutorial Wordpress | Tutorial Java SE


Ebook yang direkomendasikan untuk Anda
Ebook Panduan Praktis OOP di PHP


Membuat Web Hosting Sendiri Dari Local PC


December 31st, 2011 | by rosihanari | Cetak Artikel Cetak Artikel


GampSMS SMS Gateway

Banyak pengunjung blog ini yang menanyakan ke saya, apakah bisa aplikasi web yang sudah dibuat dan diinstall di local web server (PC local) dengan XAMPP atau WAMP atau sejenisnya diakses dari luar atau dari internet? Tentu saja bisa, dengan sedikit setting di PC kita maka aplikasi web yang ada di PC anda bisa diakses dari luar atau internet, tidak hanya dari local PC atau LAN.

Nah.. bagaimana cara setting PC kita menjadi web hosting sehingga bisa diakses dari luar melalui internet? Simak artikel berikut ini dengan baik.

Supaya PC kita menjadi web hosting yang bisa diakses dari luar via internet, perangkat yang dibutuhkan adalah modem internet. Dalam artikel ini, cara setting hanya akan dicontohkan pada modem DLINK Wireless ADSL Router seri DSL 2640T, karena kebetulan saya hanya punya modem ini untuk nge-net :-) Untuk modem yang lain silakan diujicoba sendiri.

Saran saya, untuk membuat Web Hosting dari PC sendiri ini, pastikan koneksi internetnya stabil dan dengan paket unlimited. Nah… di sini saya akan menggunakan koneksi internet Speedy yang kebetulan di rumah saya lumayan stabil. Saya menggunakan Speedy dengan paket Socialia (bukan promosi lho ya)

OK.. kita mulai saja cara settingnya. Oya, pastikan di PC Anda sudah terinstall web server, bisa menggunakan XAMPP, AppServ, WAMP atau yang lain.

Nah… langkah pertama, kita setting modem nya dahulu. Kita akan mensetting modem DLINK nya sebagai Bridge. Untuk mensettingnya, silakan masuk ke settingan modem kemudian pilih WAN Setting. Selanjutnya pilih ‘Bridge Mode‘. Kemudian simpan konfigurasinya.

Setting Hosting Localhost

OK. Modem sudah kita buat sebagai Bridge, selanjutnya kita buat koneksi Speedy di PC kita via Broadband Connection PPPoE. Caranya adalah, masuk ke Control PanelNetwork Connection. Lalu pilih Create Connection. Selanjutnya ikuti langkah-langkah sesuai gambar berikut ini

Setting Hosting Localhost

Setting Hosting Localhost

Setting Hosting Localhost

Setting Hosting Localhost

Masukkan username dan password Speedy Anda pada kotak yang disediakan.

Setting Hosting Localhost

Nah… setting koneksi ke Speedy via Broadband Connection PPPoE sudah selesai. Selanjutnya kita lakukan koneksi ke Speedy nya dengan mengklik STARTCONNECT TO, pilih Speedy

Setting Hosting Localhost

Setelah koneksi dengan Speedy berhasil, langkah berikutnya adalah melihat IP Address dari PC kita. Caranya adalah dengan masuk ke Command Prompt Windows, lalu ketikkan perintah: ipconfig

C:\ipconfig

Setelah itu harusnya muncul informasi IP Address PC Anda seperti gambar berikut ini

Setting Hosting Localhost

Dalam contoh gambar di atas, muncul IP Address: 180.246.94.195. Nah… nomor IP itulah yang nanti diakses via internet untuk mengakses PC Anda (IP Public). Tinggal ketikkan saja nomor IP tersebut di browser maka otomatis akan mengakses web server yang ada di PC Anda.

Oya.. kalau Anda menggunakan Speedy Socialia seperti saya, maka IP Address tersebut berbeda-beda setiap kali koneksi ke Speedy dilakukan. Hal ini dikarenakan IP Address tersebut bersifat dinamis (Dynamic IP). Kecuali kalau Anda memiliki IP Statis (Static IP) maka IP tersebut fixed selamanya. Untuk mendapatkan static IP, silakan menghubungi ISP Anda. Setahu saya untuk mendapatkan static IP itu kita harus membayar dalam periode tertentu, misalnya tahunan atau bulanan.

OK… selamat mencoba ya.




Share ke Facebook Share ke Twitter
Baca Juga Artikel Terkait
Membuat Sendiri Kirim SMS Gratis Via Web dengan PHP dan MySQL
Membuat Sendiri Script PHP Untuk Backup MySQL
Membuat Sendiri Script Excerpt (Cuplikan) Artikel Ala WordPress
Membuat Sendiri Script PHP Penterjemah Teks dengan Google API Translate
Tips Cara Cerdas Memilih Web Hosting

Kata kunci: hosting localhost - membuat hosting - setting web hosting -


Ada 43 komentar dalam artikel ini.



  1. triskanet says:

    perlu di coba nih, makasih banyak pak

  2. Rudy says:

    Sangat menarik artikelnya,kalau pake domain dot com gimana untuk setingnya, apa bisa dari kontrol panel ?

    • rosihanari says:

      @rudy: harusnya juga bisa, tapi untuk lebih pastinya dan jelasnya, Anda bisa konsultasi dg yg lebih memahami krn saya masih awam ttg masalah routing dan networking.

  3. VanDyk says:

    caranya membuat cpanel di localhost gimana?

  4. Hasan says:

    maaf pak saya mau nanya.. kalo modemnya pake prolink phs 101, untuk setting ‘Bridge Mode‘ itu gimana? mohon pencerahannya.. tq

  5. Pak, maaf saya hanya ingin menambahkan bagi yang ingin menggunakan DMZ tinggal setting di modemnya aja.
    Langkah Pertama : Pastikan localhost anda jalan. Caranya ketik localhost pada browser Anda.

    Langkah Kedua : Masuk ke settingan modem. Pada menu DMZ, IP pertama masukkan sebagai IP Public yang anda pakai. Dan IP berikutnya merupakan IP Komputer Anda. Untuk port gunakan port 80. Catatan IP yang digunakan wajib IP Static. Sebab kalo dinamis tiap kali dinyalakan harus diubah IP Public di settingan DMZ-nya.

    Langkah Ketiga : Setting virtual server pada modem. Settingan IP sama seperti pada DMZ, untuk application pilih virtual server/server, menggunakan jenis TCP/UDP (jangan salah satu), kemudian setting port ke 80. dan selesai deh..

    Viewh… Panjang juga yah.. Kalo ada yang ingin menambahkan silahkan…

  6. Rudi says:

    Thank’s pak atas infonya.
    bisa di coba ini.
    sekalian mau tanya pak, kalo mau bikin domain.nya sekalian itu bagaimana ya?

  7. alun says:

    makasih ya

  8. Pras says:

    bisa juga menggunakan DNS mas dengan memanfaatkan dynamic dns tapi harus daftar dulu (banyak pilihaanya untuk dynamic dns)
    jadi local pc walaupun pake paket socialia ato yang berip dynamic
    tetap bisa di jalankan bahkan menggunakan DNS seperi hosting berbayar dengan ip static tanpa perlu mengganti IP ketika melakukan koneksi pertama

  9. Syarif Usman says:

    Jika untuk modem D-LINK yang bukan wireless bagaimana pak,,,
    Mohon pencerahannya…

    Sebelumnya Terima Kasih…

  10. tady says:

    bagaimana kalo pc yang ada dalam jaringan kantor yang menggunakan proxy?

  11. sepatu tas says:

    kalo pake modem three atau sejenis bisa gak, trus butuh whm + whmcs gak???

  12. Qadrian Ian says:

    Maaf gan,
    saya menggunakan modem PROLINK PHS 100 batangan apakah bisa membuat seperti ini?

    kalau bisa mohon cara menyetingya :D
    Terima Kasih

  13. BizriL says:

    sebagai tambahan, mungkin untuk mengingat ip-publik agak sulit, lebih gampang mengingat domain, contoh bizril.com, diperlukan domain. domain bisa beli (cuma 100rb per tahun), atau ada juga yang gratisan seperti .cc atau .no-ip.org.
    untuk mendapatkan domain gratis agar mengarah ke ip publik kita bisa gunakan no-ip (gratis) karena dyndns sekarang sudah tidak gratis lagi.
    lebih baik jika punya ip publik yang statis, tapi bila tidak punya ip publik statis no-ip juga punya software bisa mengupdate ip publik secara otomatis.
    thanks,
    Bizril Blog

  14. barodast says:

    infonya sangat bermanfaatkang..

  15. damar says:

    mad. mau tanya kalau pakai modem prolink username dan passwordnya apa. aku pakai kartu xl



 

Komentar/pertanyaan Anda!

Mohon maaf, komentar/pertanyaan yang menggunakan email palsu atau komentar bernada negatif, cemooh, umpatan, cacian atau sejenisnya secara otomatis akan terhapus karena dianggap spam dan tidak akan tampil

Dimohon jangan pula memasukkan code program dalam bentuk apapun ke dalam komentar karena akan dianggap spam.

Mohon maaf jika seandainya ada beberapa pertanyaan Anda yang tidak direspon atau ditanggapi mengingat banyaknya komentar yang masuk dan keterbatasan kemampuan/ilmu saya dalam menjawab pertanyaan satu persatu. Saya harap Anda bisa memahami dan memakluminya.

Semua komentar atau pertanyaan yg masuk tidak akan langsung tampil di halaman ini, karena akan dimoderasi dahulu.


*