Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE




Maple vs Mathematica


October 23rd, 2008 | by rosihanari |


Jual kaos

“Saya ingin menggunakan software untuk belajar matematika. Kira-kira software apa ya yang bagus? Saya tertarik dengan Maple dan Mathematica. Di antara kedua software tersebut, mana yang bisa saya pilih?” Demikian salah satu sahabat yang bertanya via email.

Memang di pasaran saat ini sudah tersedia beberapa software untuk keperluan komputasi matematika. Software-software tersebut tidak hanya berfungsi sebagai alat hitung saja seperti halnya kalkulator, namun bisa juga sebagai sarana belajar untuk memahami konsep-konsep matematika. Beberapa software ini sebut saja Maple, Mathematica, Matlab, Mathcad, Scilab dsb.

Namun diantara software-software di atas, manakah yang lebih baik dan cocok digunakan? Nah pada artikel ini akan mencoba untuk membandingkan kemampuan-kemampuan software untuk melihat manakah yang lebih baik. Dalam hal ini, akan dibandingkan antara Maple (rilis 10) dan Mathematica (rilis 5.2).

Terkait dengan kemudahan penggunaan, berikut ini tabel perbandingan antara kedua software tersebut

Maple 10 Mathematica 5.2
Jumlah simbol palette 1179 841
Interactive plotting assistants (2D, 3D, Animation) OK -
Interactive optimisation assistant OK -
Interactive ODE solving assistant OK OK
Interactive tutors for teaching and learning OK OK
Graphing Calculator Interface OK -

Sumber: http://www.adeptscience.co.uk

Dari tabel perbandingan di atas, bisa kita lihat bahwa secara umum kemampuan Maple untuk kemudahan penggunaan yang lebih baik daripada Mathematica. Namun keduanya sama-sama memiliki fitur untuk keperluan mengajar dan belajar (lihat pada parameter Interactive tutors for teaching and learning).

Sekarang kita lihat dari sisi keinteraktifan dokumen yang dibuat dengan kedua software.

Maple 10 Mathematica 5.2
Document Layout – Presentation Control OK -
Support of Units and Conversions OK -
2D plotting with interactive scaling OK -
3D Plotting with interactive rotation and tumbling OK -
Embedded GUI Components OK -
Integrated Math Dictionary OK Sebagian
XML-based documents OK -

Berdasarkan tabel di atas, Maple 10 memiliki kemampuan yang lebih dalam sisi keinteraktifan dokumen. Namun saat ini, software Mathematica 6 sudah memiliki fitur keinteraktifan yang lebih baik dibandingkan rilis sebelumnya (5.2). Sebagai contoh misalkan untuk fitur 3D plotting. Dalam Mathematica 6, kita bisa dengan mudah memutar-mutar obyek 3D yang dihasilkan dimana fitur ini tidak ada dalam rilis 5.2 nya.

Nah sekarang kita akan lihat perbandingan kedua software dari sisi kekuatan untuk komputasi matematikanya.

Maple 10 Mathematica 5.2
Symbolic and Algebraic solving OK OK
Arbitrary floating-point precision OK OK
Numeric Differential Equation Solving OK OK
Closed form ODE & PDE Solving OK OK
Solve large Matrix/Linear Algebra problems OK OK
Non-linear optimisation OK OK
Full Programming Language OK OK

Bisa kita lihat berdasarkan tabel di atas bahwa dapat dikatakan bahwa kedua software memiliki kemampuan yang sama dalam hal kekuatan komputasinya.

Dari data perbandingan yang telah diberikan, dapat kita simpulkan bahwa apabila Anda ingin memanfaatkan software sebagai tool for learning sebaiknya menggunakan Maple karena lebih unggul dibandingkan Mathematica, dilihat dari sisi kemudahan penggunaan dan keinteraktifannya. Sedangkan pemanfaatan software sebagai tool for computing, Anda bisa menggunakan keduanya karena sama-sama powerful dari sisi komputasi.

Untuk pemanfaatan Maple sebagai tool for learning matematika, saat ini sudah banyak referensi asing yang membahasnya. Sedangkan untuk referensi Indonesia masih sangat jarang. Namun kini, sudah ada referensi Indonesia dalam bentuk ebook terkait dengan hal ini. Anda bisa mendapatkannya sekarang.


Kata kunci: Maple - Mathematica -


 

Komentar Anda ...