Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE




Lomba ASEAN XML Superstar


December 2nd, 2008 | by rosihanari |


Jual kaos

Beberapa waktu yang lalu, saya baca salah satu artikel di detikinet.com mengenai adanya lomba yang diadakan oleh IBM. Lomba ini diberi judul ASEAN XML Superstar. IBM mengadakan lomba ini dengan tujuan untuk mencari para mahasiswa-mahasiswa di negara ASEAN yang memiliki bakat dan kemampuan dalam pengelolaan database XML. Meskipun demikian, lomba ini juga terbuka tidak hanya bagi mahasiswa saja, namun juga para profesional.

Melihat itu, iseng-iseng saja saya ikutan lombanya. Untuk dapat mengikuti lomba ini, kita harus melakukan sign up terlebih dahulu. Setelah proses sign up selesai, langsung kita akan disodori dengan 5 pertanyaan pilihan ganda seputar XML. Salah satu pertanyaannya adalah, apa itu XML? apa keunggulan XML dsb. Apabila jawaban atas 5 pertanyaan tersebut dapat kita jawab semuanya dengan benar, maka kita berhak mendapat sebuah kaos bertuliskan XML Superstar. Keren bukan? Tidak hanya itu, bila kita melewati babak pertama ini, kita mendapat predikat ‘Early Bird Winner’. Alhamdulillah, saya juga salah satu diantara Early Bird Winner dari Indonesia. Mudah-mudahan kaos itu jadi dikirimkan ke rumah :-)

Nah… setelah kita babak pertama dengan sukses, berikutnya kita berhak mengikuti babak berikutnya. Babak berikutnya ini ada 3 jenis lomba. Yaitu Video Mania, Query Challenge, dan Programming Contest. Asyiknya… kita bisa milih dari ketiga lomba ini. Misalnya, kita hanya ikut Video Mania atau Query Challenge saja, atau bahkan ketiganya.

Apa itu lomba video mania? ya… dalam lomba ini, kita diminta mengekspresikan diri kita mengenai database XML (DB2), bisa dalam bentuk tarian, nyanyian dll. Kesemuanya itu harus dibuat dalam format video dan diupload ke YouTube. Bagi pemenang dari lomba ini, akan mendapatkan sebuah Nintendo Wii. Wow, asyik… Lomba ini terbuka bagi siapa saja, baik mahasiswa maupun profesional.

Selanjutnya, kita juga bisa mengikuti lomba Query Challenge. Untuk lomba ini, kita akan diuji kepiawaian kita untuk membuat query SQL dan XQuery guna menyelesaiakan masalah yang diberikan. Sebelum kita mengikuti lomba ini, kita diberikan kesempatan untuk belajar membuat query SQL dan XQuery terlebih dahulu. Pihak panitia menyediakan software DB2 dan sampel datanya. Oya apa itu XQuery? XQuery adalah query khusus untuk data yang terkait dengan XML. Nah… bagi Anda yang penasaran dengan XQuery, silakan pelajari terlebih dahulu. Software DB2 nya gratis lho. Untuk sampel datanya, tidak tanggung-tanggung yaitu menggunakan datanya CIA nya Amerika Serikat, terkait dengan informasi detail negara-negara di dunia.

Apabila kita mengikuti lomba Query Challenge ini, maka akan mendapatkan 5 pertanyaan yang harus kita buat querynya. Pertanyaannya juga masih seputar data CIA di atas. Bila menang, maka kita akan mendapatkan sebuah IPod. Keren nih… Pemenang akan diambil untuk setiap negara, dan juga untuk tingkat ASEAN. Juara tingkat ASEAN akan mendapatkan Nintendo Wii. Untuk mengikuti lomba ini, Anda tidak harus seorang mahasiswa, namun bisa juga profesional.

Jenis lomba ketiga yang dapat kita ikuti adalah Programming Contest. Nah… untuk jenis lomba yang satu ini, hanya boleh diikuti oleh mahasiswa dalam bentuk tim yang dibantu oleh seorang pembimbing profesional. Anggota tim, boleh dari universitas yang berbeda. Sesuai namanya, lomba ini menuntut mahasiswa untuk bisa inovatif dalam membuat aplikasi berbasis database XML. Oya… untuk lomba ini, Anda harus menggunakan DB2 sebagai DBMS nya, dan datanya harus dalam format pureXML. Untuk bahasa pemrogramannya, silakan tentukan sendiri sesuai kemampuan Anda. Bila tim yang mengikuti lomba ini menang, maka hadiahnya keliling di pusat risetnya IBM di Amrik. Selain itu berhak pula mendapatkan Iphone (untuk profesional yang membimbing tim juara). Untuk anggota tim (mahasiswa) juga akan mendapatkan Ipod Nano.

So… buat kamu-kamu yang merasa tertantang, buruan daftar lombanya. Minimal dapat kaos lah, tapi mudah-mudahan dapat pula IPod atau keliling IBM :-) . Untuk daftar silakan kunjungi situs http://asean.xmlsuperstar.com. Jangan lupa, isikan data seakurat mungkin ya.

Ayo… jangan kalah dengan mahasiswa di negara ASEAN lain, saya yakin masih banyak mahasiswa Indonesia yang lebih jago dari mereka.


Kata kunci: xml -


 

Komentar Anda ...