Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE




Ide Membuat Program Mengecek Bilangan Prima


April 1st, 2009 | by rosihanari |


Jual kaos

Sebelum RKPU se-universitas dimulai, mending nge-blog dulu ah… daripada bengong.

Mau.. nulis apa yah… ah.. ini saja, saya mau menulis bagaimana ide membuat program atau script untuk menentukan suatu bilangan bulat merupakan bilangan prima atau bukan. Meskipun nampaknya sepele, ah… itu kan pelajaran anak SD, tapi masalah ini banyak membuat pusing orang-orang dewasa, termasuk mahasiswa (bukan nyindir sih… tapi kenyataan). Ketika mereka diberikan tugas bagaimana membuat program atau script untuk menyelesaikan masalah tersebut, ada yang menyerah, ada yang tanya sana tanya sini, ada yang ambil jalan pintas… nyontek… ngopi punya teman atau download program dari internet, dan sebagainya. Yang tetap konsisten dan istiqomah untuk menyelesaikannya dari hasil pemikiran dan ide sendiri cuman beberapa gelintir mahasiswa saja. But.. it’s OK… itu semua manusiawi kok :-)

Nah… kembali lagi ke masalah utama, yaitu bagaimana ide membuat program untuk menentukan suatu bilangan bulat termasuk prima atau bukan, tentunya kita tidak boleh lepas dari konsep yang telah kita terima ketika SD. Suatu bilangan bulat positif N dikatakan ‘tidak prima’ jika terdapat bilangan bulat antara bilangan-bilangan 1 s/d N yang menjadi faktor selain 1 dan N. Yang dimaksud faktor di sini adalah pembagi habis. Atau dengan kata lain, N dikatakan tidak prima jika terdapat bilangan bulat antara 2 s/d N-1 yang membagi habis N.

Berdasarkan konsep tersebut, sebenarnya kita sudah dapat membuat programnya. Trus.. bagaimana implementasinya?

OK… langkah pertama kita asumsikan terlebih dahulu bilangan N ini adalah PRIMA.

Langkah kedua, kita cek untuk setiap bilangan mulai dari 2 sampai dengan N-1 apakah bilangan-bilangan tersebut ada yang membagi habis N. Jika ada, maka status N sekarang berubah menjadi TIDAK PRIMA. Sebagai contoh misalkan N nya kita ambil 9. Kita asumsikan 9 ini adalah PRIMA. Selanjutnya kita cek mulai bilangan 2 s/d 8 apakah ada yang membagi habis 9. Kita mulai dari 2 terlebih dahulu. OK… 2 tidak membagi habis 9, maka status N tetap PRIMA. Next… kita cek untuk 3. Nah… kita tahu bahwa 3 membagi habis 9, maka status N berubah menjadi TIDAK PRIMA. Sebenarnya Anda bisa langsung mem-break proses pengecekan untuk bilangan 4, 5, …, 8 karena kita sudah menemukan satu faktor yang bukan 1 dan N. Namun… kalau Anda teruskan pun juga tidak masalah.

Dari penjelasan di atas, kita bisa langsung buat programnya. Contoh program berikut ini menggunakan PASCAL

program cekPrima;
var N, i : integer;
    status : string;
begin
    write('Masukkan N : ');
    readln(N);
    status := 'PRIMA';
    for i:=2 to N-1 do
    begin
       if (N mod i = 0) then
       begin
           status := 'TIDAK PRIMA';
           break;
       end;
    end;
    write('Bilangan ',N,' adalah : ',status);
end.

Bagaimana dengan implementasinya di PHP… ya… sami mawon.

<?php

$n = ...; // silakan masukkan nilai N di sini
$status = "PRIMA";
for ($i = 2; $i <= $n-1; $i++)
{
  if ($n % $i == 0)
  {
     $status = "TIDAK PRIMA";
     break;
  }
}
echo "Bilangan ".$n." adalah : ".$status;
?>

Gimana… mudah bukan membuat ide dan programnya? :-)


Kata kunci: algoritma - pascal - prima - program -


 

Komentar Anda ...