• Home
  • /
  • My Books
  • /
  • Download Free E-book “Pintar dengan Internet”

Download Free E-book “Pintar dengan Internet”

 

Berawal dari iseng-iseng browsing internet untuk memecah kesuntukan dalam aktivitas keseharian, akhirnya saya baca pengumuman tentang diadakannya lomba penulisan naskah IT bertema “IT For Children”.

Melihat hadiahnya yang tidak begitu besar, mulanya gak tertarik. Tapi.. kok lama-lama tertarik juga akhirnya, gara-gara melihat temanya yang unik. Dari tema itu, rasanya menjadi tertantang… kira-kira bisakah saya menyajikan suatu ilmu dengan gaya bahasa anak-anak? karena di kesehariannya, saya selalu berbicara dan menyampaikan materi kuliah di hadapan mahasiswa dengan menggunakan ‘bahasa mahasiswa’, apalagi ini materi tentang IT yang di dalamnya tentu banyak istilah-istilah baru di telinga anak-anak.

Akhirnya dengan niat mau mencoba dan belajar… saya mulai juga menulis naskahnya. Dalam perjalanannya, berulangkali mengubah judul naskah. Selain itu untuk menulis satu kalimat saja, rasanya susah sekali. Begitu selesai menulis satu kalimat, saya coba membacanya lagi dari depan… rasanya kok ada yang kurang… akhirnya diubah lagi kalimatnya. Begitu terus sampai beberapa kali ๐Ÿ™‚ ya… maklum, baru belajar nulis dengan gaya bahasa anak-anak ๐Ÿ™‚ Setelah berulangkali berganti judul, akhirnya saya mantap dengan pilihan judul “Pintar dengan Internet”.

Dalam benak, saya coba hilangkan angan-angan untuk mendapatkan hadiah. Kalaupun tidak mendapat hadiah, toh… naskah ini masih bisa digunakan anak-anak saya kelak, atau saya share ke orang lain. Mudah-mudahan ini menjadi ladang amal saya. Amin… So… tidak ada ruginya tetap menulis.

Teknik yang saya gunakan dalam menulis naskah ini adalah memposisikan saya sendiri sebagai pembaca layaknya seorang anak yang awam sama sekali dengan internet. Bagi saya, isi naskah tersebut merupakan suatu hal biasa dan mudah, namun bagi seorang anak, isi naskah bisa jadi sesuatu yang ‘luar biasa’ hanya karena bahasa yang dipilih tidak sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Alhamdulillah… dengan bantuan istri tersayang yang memberikan saran dan kritik, akhirnya naskah itupun jadi juga. Dan dikirimkanlah naskah tersebut ke panitia lomba.

Lama… ditunggu hasilnya tidak keluar-keluar. Akhirnya.. saya pun melupakanya. Sampai suatu saat ditengah rapat dengan para pejabat fakultas, saya mendapat telepon dari panitia lomba bahwa naskah saya lolos penilaian dan mendapat juara harapan II. Alhamdulillah… ternyata saya bisa. Yang lebih membanggakan lagi, naskah saya dinyatakan Pak Onno Purbo (Juri Lomba) dan Pimpinan Redaksi Detikinet.com, yang juga juri, sebagai salah satu dari yang terbaik ๐Ÿ™‚

Nah… bagi yang berminat dengan naskah tersebut, saya ingin memberikannya free buat Anda. Naskah ini saya buat dalam format PDF berbentuk ebook. Meskipun sebenarnya tujuan buku ini dibuat untuk anak-anak, namun orang dewasa boleh juga kok download.. toh bisa untuk anak-anaknya atau keluarga yang lain ๐Ÿ™‚ Isi naskah (e-book) ini adalah panduan anak untuk menjadi pintar dengan internet.

Terimakasih kusampaikan pada Amalia (istriku tersayang) yang telah memberikan support luar biasa pada suamimu ini. Faza, Nada dan Sani kecilku… anak-anakku sayang, terimakasih atas keceriaan kalian yang membebaskan ayah dari kebuntuan semangat. Buku ini kupersembahkan buat kalian… Terimakasih pula saya berikan pada tim IT-Support FKIP UNS, yang juga telah mensupport saya dalam segala hal. Thanks to you guys…

Alhamdulillah… segala puji hanya untuk Allah SWT… serta tiada daya dan upaya kecuali hanya dari Allah SWT.

Download E-Book

Bagikan artikel ini jika bermanfaat !

Assalaamu'alaikum.. aktivitas keseharian saya mengajar di Universitas Sebelas Maret, dengan matakuliah pemrograman dan basis data. Adapun bidang penelitian saya tentang computational thinking dan computer-aided learning.

2 Comments

Leave a Reply