Penawaran Engine Reservasi Tiket Pesawat

Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Tutorial Javascript | Tutorial PHP | Tutorial AJAX | Tutorial CSS | Tutorial FPDF | Tutorial Wordpress | Tutorial Java SE


Ebook yang direkomendasikan untuk Anda
Kunjungi Toko Ebook RosihanAri.Net


Cara Mudah Menulis Formula Matematika (Equation) di WordPress dengan WP-QuickLatex


September 22nd, 2009 | by rosihanari | Cetak Artikel Cetak Artikel


Jual kaos

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis artikel di blog ini tentang bagaimana cara membuat equation atau formula matematika di WordPress dengan cara mudah. Namun.. ternyata cara yang mudah itu relatif :-) Saya menganggapnya mudah dan cepat, eh… ada orang lain yang menganggapnya terlalu ribet he 3x…

Relativitas inilah yang kemudian saya memutar otak dan bekerja keras untuk mencari cara yang lebih mudah lagi untuk membuat equation di WordPress.

Setelah mencari dan mencari… akhirnya saya temukan plugin WordPress yang dahsyat untuk membuat equation atau formula matematika dengan cepat dan mudah. Nama plugin tersebut adalah WP-QuickLatex. Sesuai namanya, WP-QuickLatex ini menggunakan perintah LaTeX untuk menuliskan equationnya. Perintah atau kode LaTeX ini selanjutnya akan otomatis terhubung ke server www.quicklatex.com untuk membaca output dari kode tersebut. Adapun hasil output dari kode ini adalah berupa image.

Memang sih… kelemahan dari plugin ini adalah ketergantungan dengan hidup atau matinya server di QuickLatex.com mengingat cache image equationnya disimpan di situ. But… plugin ini memiliki kelebihan dari sisi tampilan dan simplisitas dalam penulisan kodenya. Hasil equation yang dihasilkan lebih rapi tata letak atau posisinya dibandingkan plugin-plugin sejenis yang lain, terutama ketika diembed ke dalam paragraf atau dokumen web.

Untuk mendapatkan plugin WP-QuickLatex ini, silakan kunjungi situs si pembuatnya di www.holoborodko.com atau melalui plugin search yang ada di dashboard WordPress Anda.

Sedangkan cara penggunaan setelah plugin tersebut diinstall adalah cukup dengan memberikan kode LaTeX di antara tag berikut ini dalam form postingan Anda (dalam HTML mode)

atau

atau

Trus… bagaimana bila kita belum tahu kode-kode LaTeX nya? Ya… belajar dulu dong!! :-) Bagi yang ingin belajar kode LaTeX, silakan download Tutorial LaTeX terlebih dahulu. Gratiskah?? Tenang saja, tutorialnya gratis kok. Sangat cocok untuk orang Indonesia yang demen banget sama yang gratisan :-)

Mau tahu contoh tampilan equation atau formula matematika hasil dari WP-QuickLatex? Ini dia contohnya.

[math]x_{1, 2} = \frac{-b \pm \sqrt{b^2 – 4ac}}{2a}[/math]

Perintah di atas dihasilkan dari perintah

[ math ]x_{1, 2} = \frac{-b \pm \sqrt{b^2 - 4ac}}{2a}[ /math ]

Masih ingat formula di atas kan? he 3x

[math]\int_a^b \cos{x} \, dx = \sin{x} + C[/math]

Perintah di atas dihasilkan dari perintah

[ math ]\int_a^b \cos{x} \, dx = \sin{x} + C[ /math ]

Nah… selamat mencoba ya. Bagi Bapak/Ibu Guru, atau rekan-rekan dosen maupun mahasiswaku yang ingin menulis artikel di WordPress yang terdapat formulasi matematika di dalamnya, mungkin ini salah satu solusi yang bisa membantu. Terus.. berkarya ya… !!




Share ke Facebook Share ke Twitter
Baca Juga Artikel Terkait
Membuat Equation di WordPress
Cara Mudah untuk Upgrade WordPress Anda
WP-Syntax, Plugin WordPress nya Para Programmer
Cara Membalik Urutan Postingan di WordPress
Plugin WordPress Untuk Menampilkan Artikel Terkait

Kata kunci: latex di wordpress - membuat equation di blog - membuat equation di wordpress - menulis equation di web - menulis formula matematika di web - plugin wordpress untuk formula matematika - quicklatex plugin - wordpress plugin -


 

Komentar Anda ...