Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Tutorial Javascript | Tutorial PHP | Tutorial AJAX | Tutorial CSS | Tutorial FPDF | Tutorial Wordpress | Tutorial Java SE


Ebook yang direkomendasikan untuk Anda
Kunjungi Toko Ebook RosihanAri.Net


Cara Mudah Menulis Formula Matematika (Equation) di WordPress dengan WP-QuickLatex


September 22nd, 2009 | by rosihanari | Cetak Artikel Cetak Artikel


GampSMS SMS Gateway

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis artikel di blog ini tentang bagaimana cara membuat equation atau formula matematika di WordPress dengan cara mudah. Namun.. ternyata cara yang mudah itu relatif :-) Saya menganggapnya mudah dan cepat, eh… ada orang lain yang menganggapnya terlalu ribet he 3x…

Relativitas inilah yang kemudian saya memutar otak dan bekerja keras untuk mencari cara yang lebih mudah lagi untuk membuat equation di WordPress.

Setelah mencari dan mencari… akhirnya saya temukan plugin WordPress yang dahsyat untuk membuat equation atau formula matematika dengan cepat dan mudah. Nama plugin tersebut adalah WP-QuickLatex. Sesuai namanya, WP-QuickLatex ini menggunakan perintah LaTeX untuk menuliskan equationnya. Perintah atau kode LaTeX ini selanjutnya akan otomatis terhubung ke server www.quicklatex.com untuk membaca output dari kode tersebut. Adapun hasil output dari kode ini adalah berupa image.

Memang sih… kelemahan dari plugin ini adalah ketergantungan dengan hidup atau matinya server di QuickLatex.com mengingat cache image equationnya disimpan di situ. But… plugin ini memiliki kelebihan dari sisi tampilan dan simplisitas dalam penulisan kodenya. Hasil equation yang dihasilkan lebih rapi tata letak atau posisinya dibandingkan plugin-plugin sejenis yang lain, terutama ketika diembed ke dalam paragraf atau dokumen web.

Untuk mendapatkan plugin WP-QuickLatex ini, silakan kunjungi situs si pembuatnya di www.holoborodko.com atau melalui plugin search yang ada di dashboard WordPress Anda.

Sedangkan cara penggunaan setelah plugin tersebut diinstall adalah cukup dengan memberikan kode LaTeX di antara tag berikut ini dalam form postingan Anda (dalam HTML mode)

atau

atau

Trus… bagaimana bila kita belum tahu kode-kode LaTeX nya? Ya… belajar dulu dong!! :-) Bagi yang ingin belajar kode LaTeX, silakan download Tutorial LaTeX terlebih dahulu. Gratiskah?? Tenang saja, tutorialnya gratis kok. Sangat cocok untuk orang Indonesia yang demen banget sama yang gratisan :-)

Mau tahu contoh tampilan equation atau formula matematika hasil dari WP-QuickLatex? Ini dia contohnya.

[math]x_{1, 2} = \frac{-b \pm \sqrt{b^2 – 4ac}}{2a}[/math]

Perintah di atas dihasilkan dari perintah

[ math ]x_{1, 2} = \frac{-b \pm \sqrt{b^2 - 4ac}}{2a}[ /math ]

Masih ingat formula di atas kan? he 3x

[math]\int_a^b \cos{x} \, dx = \sin{x} + C[/math]

Perintah di atas dihasilkan dari perintah

[ math ]\int_a^b \cos{x} \, dx = \sin{x} + C[ /math ]

Nah… selamat mencoba ya. Bagi Bapak/Ibu Guru, atau rekan-rekan dosen maupun mahasiswaku yang ingin menulis artikel di WordPress yang terdapat formulasi matematika di dalamnya, mungkin ini salah satu solusi yang bisa membantu. Terus.. berkarya ya… !!




Share ke Facebook Share ke Twitter
Baca Juga Artikel Terkait
Membuat Equation di WordPress
Cara Mudah untuk Upgrade WordPress Anda
WP-Syntax, Plugin WordPress nya Para Programmer
Cara Membalik Urutan Postingan di WordPress
Plugin WordPress Untuk Menampilkan Artikel Terkait

Kata kunci: latex di wordpress - membuat equation di blog - membuat equation di wordpress - menulis equation di web - menulis formula matematika di web - plugin wordpress untuk formula matematika - quicklatex plugin - wordpress plugin -


Ada 9 komentar dalam artikel ini.



  1. ahil says:

    saya sudah upload wp quicklates
    tapi tidak jalan tolong beri tahu cara membuat kode integral kirim pada alamat email saya
    sebelumnya terima kasih

  2. Wandi thok says:

    Info ini yang kucari-cari sejak dulu pak Ari, entar kucoba dulu kalo ada nyang mingsih bingung bantu jue yahkrrrr…. :lol:

  3. Harun says:

    Pak Rosihan, saya adalah guru matematika yang ingin mencoba untuk membuat situs matematika sebagai media pembelajaran siswa lewat media gratis dulu. Kalau hasil yang ditampilkan bagus saya ingin membeli domain sendiri. Tapi jujur…cukup lama saya mengotak-atik bagaimana membuat tulisan formula matematika yang bagus. Tapi ….sangat sulit. Bentuk tulisannya masih saja jelek. Ukuran font-nya juga kurang bagus, karena ada yang kecil dan ada yang besar. Saya juga meratakan tanda sama dengan agar bisa kelihatan rapi. Ternyata ndak bisa juga. Saya mencoba penjelasan Pak Rosihan yang pertama dengan menyoimpan file Ms word dalam versi web. Kemudian file-file equation dalam ekstension JPG atau PNG yang dihasilkan saya upload ke server, ternyata hasilnya ……..tidak rata dengan tulisan. Gambar yang dihasilkan menonjol keatas sehingga penampilannya jelek. Website percobaan saya hanyalah langkah awal untuk mempraktekkannya. Tapi belum bisa saya lanjutkan sampai saya dapatkan ilmunya dulu. Bisakah Pak Rosihan menjelaskan bagaimana cara mengatur penampilan tulisan formula matematika agar kelihatan bagus dan rapi sehingga siswa yang membaca tidak bosan. Atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih.

    • rosihanari says:

      @harun: memang pada umumnya tampilan formula matematis di web tidak sebagus di Word pak, karena ada unsur grafis di dalam formula matematika. Sebenarnya ada cara lain untuk membuat formula matematika di web, yaitu menggunakan MathML (yang bahasanya mirip dengan HTML), cuman saya blm pernah coba. Barangkali tampilannya lebih bagus.

  4. dani says:

    Benar, Pak. Bisa dengan MathML yang berbasis teks. Mungkin akan lebih mudah jika memakai doctype HTML5 nantinya. Saya pernah mencobanya.

    Selain LaTeX, yang paling sederhana, sementara bisa capture-crop rumus di MS Word/OpenOffice.org, tampilkan di Web sebagai gambar. Kelemahannya, atribut alt gambar tersebut sulit ditampilkan jika halaman Web diakses tanpa gambar.

  5. Purwanto W says:

    Terima kasih Pak Ari atas informasinya,
    saya ingin menambahkan bahwa kadang kita bingung menulis kode latexnya, latex mempunyai web dimana kita bisa langsung menulisnya dan cara kerjanya hampir sama dengan msword karena ada menu-menunya dan nantinya kita bisa download dengan hasil *.gif, web ini bisa di kombinasikan dengan isi dari content ini, atau bisa juga langsung dengan mengupload *.gif yang dihasilkan, sehingga tidak tergantung pada situs lain.

    alamatnya ini:
    http://www.codecogs.com/components/equationeditor/equationeditor.php

  6. bambang says:

    untuk menulis rumus matematika agar rapi pada blog bisa dengan menggunakan bahasa latex. saya sudah mencobanya dan suadah berhasil setelah sekian bulan gagal.silahkan kunjungi di blog saya”pendidikanberkualitasbaik.blogspot.com



 

Komentar/pertanyaan Anda!

Mohon maaf, komentar/pertanyaan yang menggunakan email palsu atau komentar bernada negatif, cemooh, umpatan, cacian atau sejenisnya secara otomatis akan terhapus karena dianggap spam dan tidak akan tampil

Dimohon jangan pula memasukkan code program dalam bentuk apapun ke dalam komentar karena akan dianggap spam.

Mohon maaf jika seandainya ada beberapa pertanyaan Anda yang tidak direspon atau ditanggapi mengingat banyaknya komentar yang masuk dan keterbatasan kemampuan/ilmu saya dalam menjawab pertanyaan satu persatu. Saya harap Anda bisa memahami dan memakluminya.

Semua komentar atau pertanyaan yg masuk tidak akan langsung tampil di halaman ini, karena akan dimoderasi dahulu.


*