Free Ebook Tutorial from Rosihan Ari's Blog

Ebook Javascript | Ebook PHP | Ebook AJAX | Ebook CSS | Ebook FPDF | Ebook Wordpress | Ebook Java SE




Beberapa Masalah di Gammu dan Solusinya (Gammu Troubleshooting Bag. 2)


March 6th, 2013 | by rosihanari |


Jual kaos

Pada artikel sebelumnya tentang troubleshooting Gammu bagian pertama yang membahas tentang beberapa masalah seputar instalasi Gammu, dalam artikel ini akan dibahas bagian kedua nya yang berfokus pada permasalahan ketika menjalankan Gammu (dengan asumsi instalasi Gammu sudah sukses sebelumnya).

Troubleshooting ini merupakan rangkuman dari pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) ke saya dari pengunjung blog ini atau klien GampSMS saya.

SMS Tidak Mau Terkirim

Tidak terkirimnya SMS yang dikirim melalui Gammu ada beberapa kemungkinan sebab, diantaranya adalah:

  • Service Gammu belum dijalankan
    Pastikan service Gammu sudah dijalankan terlebih dahulu sebelum Anda mengirim dan menerima SMS dengan Gammu
  • Pulsa habis atau masuk masa tenggang
    Pastikan pulsa masih ada dan cukup untuk mengirim SMS. Biasanya indikasi pulsa habis atau kartu memasuki masa tenggang ini dijumpai ketika terima SMS via gammu bisa, namun kirim SMS tidak bisa (muncul status SendingError di tabel SENTITEMS)
  • Perubahan nomor port modem/handphone
    Misalkan di awal instalasi Anda menggunakan port com tertentu dan waktu itu bisa untuk kirim dan terima SMS dengan gammu, namun kemudian di lain waktu Anda memindahkan portnya (colokan usb di lain port) atau berbeda dengan port ketika awal instalasi. Hal ini juga tidak dibolehkan. Ketika Anda memindah port, pastikan Anda juga mengubah settingan port di SMSDRC dan GAMMURC nya. Sebelum mengubah setting konfigurasi di SMSDRC dan GAMMURC, matikan dahulu service gammunya, hapus service Gammu yang Anda telah buat sebelumnya, kemudian edit GAMMURC dan SMSDRC, dilanjutkan membuat service lagi yang baru. Indikasi permasalahan pengiriman SMS yang disebabkan karena perubahan port ini bisa dilihat ketika sebelumnya pengiriman dan penerimaan SMS sukses, namun tiba-tiba baik pengiriman dan penerimaan SMS sama sekali tidak bisa. Selain itu, indikasi ini juga bisa dilihat dari tidak munculnya status pengiriman SMS di tabel SENTITEMS atau SMS yang dikirim masih tetap berada di tabel OUTBOX dan tidak berpindah ke tabel SENTITEMS meskipun service sudah dijalankan.
  • Modem/handphone tidak support Gammu
    Ada kalanya penyebab tidak bisa mengirim SMS disebabkan karena memang modem/hp tidak disupport oleh gammu. Indikasinya bisa dilihat ketika langkah instalasi gammu sudah benar, namun sama sekali tidak bisa kirim dan terima SMS, meskipun sudah berganti-ganti versi Gammu nya sampai dengan Gammu rilis terakhir
  • Sinyal modem tidak ada atau lemah
    Indikasi dari masalah pengiriman yang disebabkan karena sinyal yang lemah atau tidak ada, bisa dilihat dari lampu indikator modem. Misal untuk modem Wavecom, indikasi modem tidak dapat sinyal adalah lampu tidak berkedip atau tidak blinking atau blinking tidak teratur interval waktunya. Selain itu, bisa dilihat juga tatkala terkadang SMS bisa terkirim dengan sukses, kadang gagal.

SMS bisa masuk ke INBOX, tapi tidak bisa mengirim SMS

Jika Anda menjumpai kasus seperti ini, cek di tabel SENTITEMS apakah status pengirimannya SendingError. Jika ya, kemungkinannya pulsa habis atau memasuki masa tenggang, atau sim card Anda diblokir oleh pihak operator karena dianggap sebagai SMS spammer. Pemblokiran ini hanya untuk pengiriman SMS saja.

SMS bisa terkirim, namun tidak bisa menerima SMS (SMS tidak masuk ke tabel INBOX)

Biasanya masalah ini terjadi tatkala menggunakan handphone NOKIA yang menggunakan symbian sbg OS nya. Memang untuk hp NOKIA ber OS Symbian tidak direkomendasikan untuk gammu karena memang tidak support untuk penerimaan SMS. Penyebab pastinya saya kurang tahu :-)

SMS yang diinsert ke tabel OUTBOX tidak bisa pindah ke tabel SENTITEMS

Permasalahan ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, yaitu bisa jadi portnya berubah seperti yang sudah saya jelaskan di atas, atau servicenya belum dijalankan. Kedua penyebab ini biasanya diikuti dengan gejala tidak bisanya gammu menerima SMS yang masuk atau sms yang diterima tidak masuk ke tabel INBOX. Namun jika SMS yang diterima bisa masuk ke INBOX, maka kemungkinan ada kesalahan ketika proses pengiriman SMS, yaitu pastikan ketika mengirim SMS dengan menggunakan query INSERT, minimal 3 field dalam tabel OUTBOX ini harus ada:

  • DestinationNumber : nomor tujuan pengiriman SMS
  • TextDecoded : pesan teks SMS yang akan dikirimkan
  • CreatorID : diisi sembarang string (mis. ‘gammu’), asal tidak kosong karena field ini harus NOT NULL. Biasanya field ini yang terlupakan tidak diisi.

Service Gammu tidak bisa dijalankan

Penyebab dari service gammu yang tidak bisa dijalankan ini bisa jadi ada struktur tabel Gammu yang rusak. Ini penyebab yang sering terjadi, khususnya Anda yang tinggal di daerah yang sering terjadi pemadaman listrik :-) Ketika listrik tiba-tiba mati, dan ketika itu service gammu sedang jalan maka bisa menyebabkan struktur tabel database gammu nya corrupt atau rusak. Solusinya adalah coba merepair tabel di database gammunya, atau jika gagal merepair tabel, lakukan reinstall gammu di database yang baru. Untuk repair, Anda bisa lakukan via phpmyadmin.

Gammu tidak bisa melakukan cek pulsa (USSD Service)

Penyebab dari kegagalan cek pulsa atau layanan USSD menggunakan Gammu biasanya dari modem atau HP yang memang tidak support USSD. Modem Wavecom adalah contoh modem yang support USSD.

SMS bisa terkirim, namun data SMS yang dikirimkan tidak muncul di tabel SENTITEMS

Jika Anda menjumpai masalah yaitu SMS yang diterima bisa masuk ke INBOX, pengiriman SMS juga sukses (bisa diterima di hp tujuan) namun reportnya tidak muncul di tabel SENTITEMS, biasanya masalah ini terjadi karena tabel SENTITEMS nya corrupt atau rusak strukturnya. Solusinya silakan merepair tabel SENTITEMS nya via phpmyadmin.

Untuk Long SMS, SMS yang diterima di HP tujuan selalu terpotong

Sedangkan untuk long SMS yang selalu terpotong di hp penerima, bisa jadi ada 3 penyebab yaitu: algoritma pengiriman long SMS yang salah, corruptnya struktur tabel OUTBOX_MULTIPART, atau memang ada part SMS yang belum sampai atau tidak pernah sampai. Pastikan algoritma pengiriman long SMS Anda benar seperti yang pernah saya jelaskan di artikel kirim long sms gammu. Jika algoritma sudah benar, kemungkinan kedua yaitu corruptnya tabel OUTBOX_MULTIPART. Solusinya hapus semua record di tabel OUTBOX_MULTIPART dan OUTBOX kemudian repair kedua tabel. Sedangkan apabila algoritma sudah benar, dan tabel OUTBOX_MULTIPART serta OUTBOX sudah direpair namun ternyata masih ada long SMS yang terpotong maka sudah dipastikan gangguan ada di pihak operator yang menyebabkan ada part SMS yang lost. Oya… tambahan, bisa juga long SMS ini terpotong karena di dalam SMS nya memuat karakter-karakter sbb: ~, `, ^, [, ], {, }, |, \. Sebaiknya hindari penggunaan karakter-karakter tersebut dalam long SMS.

Mudah-mudahan, informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang gemar mengutak-atik Gammu. Jika ada informasi yang kurang, mohon maaf karena keterbatasan ilmu saya yang masih sangat sedikit :-) Stay tune terus di blog tutorial gratis ini ya…


Kata kunci: gammu troubleshooting - gammu tutorial - tutorial sms gateway -


 

Komentar Anda ...